Presiden Jokowi Terima Usulan 245 Proyek Strategis Nasional Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 320 2221358 presiden-jokowi-terima-usulan-245-proyek-strategis-nasional-baru-HApw5FVeTd.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang baru. Tak tanggung-tanggung ada 245 usulan PSN baru yang disampaikan kepada dirinya.

Meskipun begitu, Jokowi tidak menyebutkan apakah 245 usulan ini merupakan revisi atau benar-benar baru. Mengingat, sejak tahun 2017 lalu pemerintah sudah mencanangkan 245 PSN dengan nilai Rp4.197 triliun lewat Peraturan Presiden Nomor 58 tahun 2017.

Baca Juga: 2,7 Juta Petani dan 1,1 Juta Nelayan Dapat Bansos Tunai

Menurut Jokowi, usulan baru tersebut harus benar-benar dilihat dan dikalkukasi secara rinci. Sebab menurutnya, harus ada proyek yang menjadi prioritas untuk digarap.

"Terkait usulan 245 PSN baru saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan, dihitung, dikalkulasi secara rinci mana yang direkomendasikan dan mana yang tidak direkomendasikan," ujarnya saat membuka rapat terbatas virtual, Jumat (29/5/2020).

Menurut Jokowi, di tengah pandemi virus corona ini, proyek yang berdampak langsung pada perekonomian harus menjadi prioritas. Apalagi, banyak sekali masyarakat yang terdampak dan kehilangan pekerjaan akibat pandemi virus corona ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Prioritaskan Proyek Strategis Nasional yang Pulihkan Ekonomi Rakyat

Di sisi lain, pemerintah juga tengah menyiapkan program pemulihan ekonomi nasional. Namun, Jokowi meminta agar penggarapan proyek ini harus tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak hingga selalu menggunakan masker.

"Prioritas penanganan proyek yang memiliki dampak besar pada pemulihan ekonomi pasca-pandemi saya kira penting untuk kita dahulukan," kata Jokowi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini