Penerapan New Normal untuk Sektor Perikanan, Kru Kapal Wajib Bebas Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 31 320 2222420 penerapan-new-normal-untuk-sektor-perikanan-kru-kapal-wajib-bebas-covid-19-3h8Q4ETxcj.jpg Perikanan (Okezone)

JAKARTA - Hadapi era New Normal yang direncanakan akan dimulai pada Juni mendatang, sejumlah protokol kesehatan pun diterapkan bagi semua industri. Begitu pula sektor perikanan.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Deputi Safri Burhanuddin mengatakan, salah satu penerapan yang akan dilakukan di sektor perikanan adalah kru kapal yang dipastikan bebas Covid-19 sebelum memasuki kapal.

 Baca juga: Menteri Kelautan Bakal Temui ABK WNI yang Selamat di Korsel

"Yang di kapal ikan mereka sudah ada peraturan bahwa semua kru kapal sudah ada jaminan mereka bebas covid-19," ujar Safri dalam telekonferensi pada Minggu (31/5/2020).

Dirinya mengatakan, protokol kesehatan ini akan dijaga dan dipantau pelaksanaannya. Menurutnya, ini dilakukan untuk menjaga logistik distribusi yang akan panen.

 Baca juga: Jenazah ABK WNI Dilarung di Laut, Ini Aturan dari ILO

"Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan sesama. Karena bahaya jika ada satu orang kena Covid-19 otomatis satu kapal bakalan tertular. Jika semua safety maka logistik distribusi panen pun terjaga," jelas Safri.

Sebelum memasuki era New Normal, Safri mengatakan, stok ikan melimpah tetapi dijual dengan harga yang menurun. Hal ini diakibatkan dari banyaknya restoran dan hotel yang tutup akibat pandemi Covid-19.

"Untuk itu saya harapkan, setelah memasuki new normal, restoran dan hotel bisa beroperasi kembali agar daya beli ikan bisa segera membaik," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini