Wamenkeu Sebut Terakhir Kali Dunia Dikagetkan Pandemi 100 Tahun Lalu

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 320 2257847 wamenkeu-sebut-terakhir-kali-dunia-dikagetkan-pandemi-100-tahun-lalu-wHzgmAE3LF.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19 ) yang terjadi saat ini bukanlah sesuatu yang bisa dijumpai setiap tahunnya. Bahkan, terakhir kali dunia dikagetkan oleh pandemi seperti ini terjadi pada 1918, atau tepatnya 100 tahun lalu.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan tidak pernah membayangkan bahwa akan hidup di periode pada saat dunia menghadapi pandemi yang luar biasa. Apalagi, virus yang terjadi pada hari ini tidak ada obatnya dan belum ditemukan vaksinya.

"Kita sadar sekali bahwa yang namanya pandemi covid ini bukan rutinitas, ini bukan 10 tahunan, ini bukan 50 tahunan, terakhir kali dunia itu dikagetkan oleh pandemi seperti ini adalah tahun 1918, 100 tahun yang lalu," kata dia dalam Webinar Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (6/8/2020)

Baca Juga: Pegawai Gaji Pas-pasan Langsung Dapat Rp1,2 Juta, Ditransfer ke Rekening 

Dia melanjutkan pemerintah langsung berpikir keras apa yang akan dihadapi pada tahun ini. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih belum signifikan.

"Pemerintah kita yakin ada dampak yang signifikan, karena covid belum ada obat dan vaksin salah satu mengurangi penularan mengurangi interaksi orang, maka kegiatan ekonomi turun, sosial berhenti, konsumsi berhenti, ekspor turun dan kalau semakin tinggi rasa tidak aman maka penurunan akan makin dalam," katanya.

Baca Juga: Indonesia Diambang Resesi, Perbanyak Pegang Uang Tunai 

Dia menambahkan, menghadapi pandemi Covid-19 tanggungjawab sejarah ada dipundak masing-masing. "Kita semua harus menggabungkan bahwa kita ini memiliki tanggungjawab sejarah bukan sejarah yang akan berpulang tiap 10 tahun tapi terakhir sejarah ini pada 100 tahun yang lalu," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini