4 Cara Aman Gadai di Tengah Pandemi Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 08 Juni 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 320 2226277 4-tips-aman-gadai-di-tengah-pandemi-covid-19-C1vnXCJ82S.jpg Waspada Gadai Online Bodong. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Penipuan berkedok lelang online melalui media sosial seperti Instagram, Facebook yang mengatasnamakan perusahaan gadai, kian banyak. Maka dari itu, masyarakat harus waspada dengan akun-akun gadai online saat ini.

Berikut tips aman bertransaksi gadai di tengah pandemic virus corona:

1. Hati-Hati

"Masyarakat harus lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial, apalagi dengan perkembangan digital yang terus maju ini. Dengan perkembangan digital saat ini, banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan tentang lelang online yang mengatasnamakan sebuah perusahaan besar. Masyarakat diminta agar tidak tergiur dengan barang lelang yang ditawarkan," ujar Ketua Umum PPGI Harianto Widodo, dalam keterangannya, Senin (8/6/2020).

Baca Juga: Tolong Perhatikan! Begini Modus Gadai Online Bodong

2. Cek Dulu Izin Usaha Gadainya

Masyarakat diimbau berhati-hati supaya tidak tertipu oleh akun-akun perusahaan gadai online palsu apabila menggunakan layanan gada. Pilih layanan untuk bertransaksi gadai dengan perusahaan gadai yang sudah mempunyai izin, terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Baca Juga: Hati-Hati! Banyak Penipuan Lelang Online

3. Jangan Tergiur dengan Barang Murah

Modus yang dilakukan para oknum lelang palsu, menawarkan barang-barang seperti laptop, handphone, emas, dan lain-lain dengan harga yang sangat murah. Barang - barang yang ditawarkan dipublikasi melalui akun-akun media sosial dengan mengatasnamakan perusahaan gadai.

4. Keuntungan Transaksi di Gadai Resmi

Masyarakat tidak tertipu oleh akun-akun perusahaan gadai online palsu apabila menggunakan layanan gadai agar hati-hati, pilih layanan untuk bertransaksi gadai dengan perusahaan gadai yang sudah mempunyai izin, terdaftar dan diawasi oleh OJK saja, karena transaksi dijamin akan lebih aman, hak-hak konsumen terlindungi, dan pemberian pinjaman yang transparan (sesuai harga pasar).

Perusahaan yang usdah diizinkan OJK, transaksi dijamin akan lebih aman, hak-hak konsumen terlindungi, dan pemberian pinjaman yang transparan (sesuai harga pasar.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini