Ada Tapera, Buruh Minta Ada Rumah DP Nol Rupiah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 08 Juni 2020 13:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 08 470 2226197 ada-tapera-buruh-minta-ada-rumah-dp-nol-rupiah-CWeWtw0gpX.jpg Pemerintah Terbitkan PP Tabungan Perumahan Rakyat. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berharap pemerintah yang menyiapkan rumah di program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Pasalnya, harga rumah bisa lebih terjangkau oleh pekerja dan buruh.

Menurut Presiden KSPI Said Iqbal, dengan membangun perumahan sendiri, misalnya seperti konsep Perumnas, pemerintah bisa menetapkan harga rumah yang murah. Jadi tidak melalui pengembang yang seringkali hanya berorientasi pada keuntungan.

Baca Juga: Gaji Dipotong demi Iuran Tapera, Buruh Ingin Rumah Bukan Tabungan

Karena rumahnya dibangun oleh pemerintah, maka peserta bisa mendapatkan rumah dengan DP 0 Rupiah. Hal yang lain, jangka waktu cicilan bisa dibuat lama agar lebih kecil dengan bunga 0%.

“Oleh karena ini adalah program kepemilikan rumah, maka pesertanya adalah buruh yang belum memiliki rumah,” ujar Said, dalam keterangannya, Senin (8/6/2020).

Baca Juga: Gaji Dipotong 3%, Iuran Tapera Jangan Jadi Beban Buruh

Jika ini dijakankan, maka akan menjadi solusi bagi kaum buruh agar bisa memiliki rumah.

Menurut Said, saat program Tabungan Perumahan Rakyat sudah bergulir, diharapkan pemerintah bertanggung jawab memastikan agar setiap warga negara, bisa mempunyai rumah.

“Karena perumahan itu adalah hak dasar rakyat, maka dalam program ini pemerintah harus menyedikan rumah,” ujarnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini