Bos Krakatau Steel Ungkap Rahasia Ubah Rugi Jadi Laba

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 12:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 23 278 2234802 -y49Sn0IBxt.jpg Perkembangan Keuangan (Shutterstock)

JAKARTA - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) buka-bukaan tentang kinerja positif yang berhasil dicapai oleh perseroan di kuartal 1-2020. Kinerja positif ini tidak terlepas dari perbaikan yang dilakukan sejak 2019 lalu.

Menurut Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, saat ditunjuk sebagai Bos baru Krakatau Steel, dirinya langsung melakukan diagnosa yang terjadi di perseroan. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui langkah seperti apa yang akan diambil untuk menyembuhkan perusahaan baja milik negara ini.

 Baca juga: Dirut Krakatau Steel Lepas 5,4 Juta Saham, Ini Alasannya

"Itu kita diagnosa saya perlu waktu tiga bulan, setelah itu saya lakukan tindakan-tindakan di awal 2019," ujarnya dalam acara Market Review IDX Channel, Selasa (23/6/2020).

Menurut Silmy setelah diektahui permasalahannya, dirinya langsung melakukan tindakan. Langkah awal adalah dengan melakukan efesiensi dengan mematikan beberapa investasi yang memakan uang dengan jumlah besar.

 Baca juga: Arahan Presiden, Pipa Minyak Blok Rokan Diganti Made in Krakatau Steel

"Mematikan keran seperti misalnya investasi yang memakan uang banyak dari KS, kita lakukan upaya-upaya agar cashflow tidak bleeding," jelasnya.

Selain itu lanjut Silmy, dirinya juga meninjau ulang beberapa pryek garapan Krakatau Steel. Sebab, ada beberapa yang menjadi masalah selama bertahun-tahun.

"Kemudian saya lihat perbandingan biaya-biayanya. Kalau bisa di efisienkan kita lakukan efisiensi. Jadi 2019 bukan lakukan efisiensi tapi kaitan dengan project dibreskan. Permasalahan-permasalahan yang menahun," jelasnya.

 Baca juga: Baru Untung Setelah 8 Tahun, Krakatau Steel Dihadapkan dengan Dampak Covid-19

Memang menurut Silmy dampaknya tidak bisa langsung terasa pada tahun itu. Sebab, Krakatau Steel juga masih mengalami kerugian pada tahun 2019.

Namun pada tahun 2020, di kuartal I-2020, Krakatau Steel mencatakan kinerja moncer. Sebab, perseroan mencatatkan laba bersih USD74,1 juta atau setaral Rp1,08 triliun di kuartal I-2020.

Ini menjadi yang pertama kalinya sejak 8 tahun terakhri yang mana Krakatau Steel selalu merugi. Perbaikan kinerja perseroan di triwulan I-2020 terutama disebabkan penurunan beban pokok pendapatan sebesar 39,8% dan penurunan biaya administrasi dan umum sebesar 41,5%.

"Kita di Q1 kita memberikan performance itu cukup signifikan khususnya dalam hal menekan biaya operasional, kemudian pengeloalaan," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini