Dukung Produk Lokal, Erick Thohir: Bukan Kita Anti Impor

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 320 2236486 dukung-produk-lokal-erick-thohir-bukan-kita-anti-impor-2Kak0UKMWh.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong produk-produk dalam negeri. Oleh karenanya, nantinya perusahaan BUMN akan mengoptimalkan produk-produk UMKM.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, mendorong bukan berarti pemerintah anti akan impor. Sebab, pemerintah masih membutuhkan impor untuk bahan baku.

"Paling tidak kita tidak anti impor. Tapi penemuan lokal ini harus jadi pendomplang dari supply chain," ujarnya dalam Manager Forum MNC Group, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Sering Rombak Direksi BUMN, Erick Thohir: Bukan karena Like or Dislike

Menurut Erick Thohir, sangat disayangkan banyak produk asing yang masih mendominasi di dalam negeri. Padahal banyak produk UMKM dalam negeri yang memiliki kualitas mumpuni.

Sebagai contoh ada produk asing yang banyak di bandara lokal. Padahal seharusnya, jika UMKM bisa masuk bisa sangat membantu karena potensinya yang cukup besar.

"Bisnis airport not just pesawat terbang, tapi katakanlah ritel dan propertinya yang suatu income bagusnya jadi produk lokal dalam negeri diutamakan jangan banyak produk asing," jelasnya.

Baca juga: Jamkrindo Dapat Suntikan Modal Rp3 Triliun, Untuk Apa?

Mantan Bos Inter Milan ini menambahkan, ke depannya, pihaknya akan menomorduakan produk asing di bandara. Sehingga produk lokal memiliki kesempatan besar untuk memasarkan produknya.

"Jadi kalau bisa produk asing dinomor dua karena produk lokal harus masuk ke airport jangan asing semua," jelasnya.

Dia menambahkan pembantuan dana Rp 30 Triliun di bank Himbara ini akan membantu UMKM dan padat karya. Hal ini akan terus dijalankan dalam memulihkan ekonomi Indonesia.

"Kita terus mendorong produk UMKM karena kita ingin memulihkan ekonomi Indonesia," kata Erick.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini