Sofyan Djalil: Langsung Saja Serahkan Sertifikat Tanah, Masyarakat Butuh Pinjaman

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 16:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 26 470 2236910 sofyan-djalil-langsung-saja-serahkan-sertifikat-tanah-masyarakat-butuh-pinjaman-NquKjah7MJ.jpg Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil (Foto: okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Pertanahan di daerah diminta untuk segera memberikan sertifikat tanah langsung kepada masyarakat. Apalagi, jika sertifikat tersebut sudah jadi tidak ada alasan untuk menunda penyalurannya.

Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, saat ini masyarakat sangat membutuhkan sertifikat tanah untuk modal usaha. Mengingat, situasi perekonomian dalam negeri sedang tidak bagus karena adannya pandemi virus corona.

 Baca juga: Masyarakat Mulai Sadar Pentingnya Sertifikat Tanah, Ada yang Rela Bayar Rp82 Juta

"Sertifikat yang sudah jadi, saya pikir masyarakat yang membutuhkan serahkan saja. Karena mungkin mereka buat mendapatkan kredit. Apalagi di tengah situasi kondisi dalam keadaan Covid ini," ujarnya dalam acara pembagian sertifikat tanah secara virtual, Jumat (26/6/2020).

Sementara jika Presiden Joko WIdodo ingin menyerahkan langsung, nantinya hanya disediakan beberapa saja. Hal tersebut digunakan hanya untuk sebagai seremonial tanda penyerahan sertifikat langsung dari pemerintah kepada masyarakat.

 Baca juga: Sofyan Djalil Marah Warga Dimintai Rp82 Juta demi Sertifikat Tanah

"Sertifikat-sertifikat yang sudah ada diserahkan saja mungkin nanti kalau Presiden akan kunjungan ke daerah kita tinggalkan saja beberapa yang tidak terlalu penting oleh masyarakat nanti menjadi sertifikat untuk diserahkan kepada pak Presiden oleh masyarakat," jelasnya.

Namun, sertifikat tersebut bukan untuk masyarakat yang tidak terlalu terdampak. Karena menuruntya, pasti ada beberapa masyrakat yang belum terlalu terdampak pada covid-19.

"Tapi siapa saja yang masyarakat yang membutuhkan sertifikat diserahkan saja walaupun dalam kondisi sekarang Covid. Yang paling penting sertifikat yang diserahkan itu sampai kepada masyarakat yang berhak," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini