Titipkan Rp30 Triliun, Sri Mulyani Ingin Bank BUMN Salurkan Kredit 3 Kali Lipat

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 20 2238196 dititipkan-rp30-triliun-sri-mulyani-ingin-bank-bumn-salurkan-kredit-3-kali-lipat-MtpbDuxpkx.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ingin bank-bank BUMN, menyalurkan kredit tiga kali lipat lebih besar dari dana yang dititipkan pemerintah. HAl ini dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Sebelumnya pemerintah berencana memindahkan penempatan uang negara kepada bank-bank BUMN yang tergabung ke dalam Himbara. Pada tahapan pertama, suntikan dana yang diberikan kepada Bank Himbara sebesar Rp30 triliun.

 Baca juga: Siapa yang Menjadi Penyelamat Ekonomi di Tengah Corona?

"Kita harapkan untuk setiap satu rupiah yang ditempatkan, bisa salurkan 3 kali lipat atau 3 Rupiah," ujar Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Dia menjelaskan uang negara itu dititipkan melalui mekanisme penempatan deposito. Tapi pemerintah memberikan keringanan dengan menetapkan bunga hanya 80% dari suku bunga acuan saat ini. Tercatat saat ini suku bunga acuan BI 7 days reverse repo berada di level 4,25%.

 Baca juga: Masyarakat RI Tak Bisa Tunda New Normal

"Jadi tujuannya kami tempatkan deposito ke bank mitra itu rencana untuk pulihkan ekonomi yakni penggunaan dana murah tersebut untuk dorong ekonomi sektor riil. Maka kita harapkan ini bisa segera memulihkan percepatan pemulihan ekonomi nasional," ungkap dia.

Dia juga menambahkan dana penempatan pemerintah yang sebesar Rp30 triliun tidak boleh dimanfaatkan untuk pembelian surat berharga negara (SBN) dan valuta asing (valas).

"Kami meminta kepada keempat bank Himbara menyampaikan kepada kita apa rencana mereka apabila mendapatkan penempatan dana pemerintah. Dan jangan sampai salah sasaran," tandas dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini