2 Juta UMKM Ditargetkan Masuk Ekonomi Digital Tahun Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 320 2238204 2-juta-umkm-ditargetkan-masuk-ekonomi-digital-tahun-ini-kndkzGlYIx.jpg UMKM Terkena Dampak Signifikan Akibat Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Transformasi ekonomi digital bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masih menjadi tantangan tersediri saat pandemi virus corona. Sebab, baru tercatat 8 juta atau 13% UMKM yang terkoneksi digital.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pun memprioritaskan program transformasi digital tersebut. Tujuannya supaya mereka terkoneksi secara daring saat sehingga usaha tetap dapat berjalan dan berkembang.

Baca Juga: Kesal Anggaran Lambat, Jokowi: Jangan Biarkan Mereka Mati Baru Kita Bantu

“Kami mentargetkan hingga akhir tahun ini ada tambahan 2 juta UMKM yang bisa terhubung ke ekonomi digital, sehingga total akan ada 10 juta UMKM," kata Teten, dalam keterangannya, Senin (29/6/2020).

Meski demikia, Teten mengakui, tidak serta merta UMKM yang sudah digital itu bisa survive. "Berbagai survei menunjukkan, tingkat keberhasilan UMKM yang masuk ekonomi digital berikar hanya empat sampai 10%," katanya.

Untuk itu, ada masalah, misalnya di pasar online UMKM sudah harus berhadapan dengan brand besar, sementara kemampuan manajemen masih rendah. Kapasitas dan volume produksi juga relatif kecil.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ancam Reshuffle Lantaran Kesal Anggaran Belanja Belum Maksimal

“Kasus bakpia pathok bisa jadi pelajaran, di mana pelaku UMKM sangat banyak, dengan volume produksi yang terbatas. Di sini perlu adanya konsolidasi brand, juga perlu ada rumah produksi bersama, sehingga bisa menjadi efisien," tambah Menteri.

MenkopUKM menegaskan, pelibatan kaum milenial yang sudah akrab dengan Teknologi Informasi (TI) akan sangat membantu UMKM, khususnya dalam masalah pemasaran di pasar digital. Kaum milenial juga bisa mendampingi UMKM dalam teknologi pengemasan dan kualitas produk.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini