IPO Anak Usaha, Pertamina Bidik Investor Lokal

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 20:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 320 2238434 ipo-anak-usaha-pertamina-bidik-investor-lokal-VxUpZN7sZp.jpg Pertamina Persiapkan Anak Usahanya IPO. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) bersiap melepas anak usahanya yang menjadi bagian di subholding ke pasar modal Indonesia. Investor yang akan membeli saham pun akan difokuskan dari dalam negeri.

Direktur Strategic Planing Pertamina Iman Rachman mengatakan, perseroan akan mengatur pasar yang akan menjadi pemilik saham. Fokus pada investor dari dalam negeri sehingga membantah isu jika aset Pertamina akan dipegang asing.

Baca Juga: Lagi Rapat, Wakil Ketua Komisi VII Umumkan 10 Orang Positif Covid-19 di DPR

Hanya saja, dirinya tidak menyebutkan bagiamana agar investor yang membeli saham subholding Pertamina berasal dari dalam negeri. Mengingat pasar modal merupakan pasar yang terbuka baik asing maupun lokal sepanjang memiliki persyaratan yang ditetapkan.

"Sebagian besar adalah investornya domestik. Dan mereka tidak kontrol kita tidak melakukan kontroling mereka hanya melakukan sharing dana dengan kita," jelasnya.

Iman Rachman mengatakan, IPO sangat berbeda dengan menjual aset milik Pertamina. Sebab IPO adalah untuk mencari pendanaan.

Baca Juga: Belanja Modal Tembus Rp1.826 Triliun, Bos Pertamina Bahas IPO

Lagi pula lanjut Iman, Public Tidak bisa mengintervensi perusahaan terlalu jauh. Meskipun publik merupakan pemegang saham namun hanya memiliki minoritas.

"Ini bukan akhir sama saja kaya pendanaan lewat perbankan," ujarnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini