Menteri Erick Beberkan Penyebab Banyak Kasus Korupsi di BUMN

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 320 2240348 menteri-erick-beberkan-penyebab-banyak-kasus-korupsi-di-bumn-Rg63Iqet9l.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan alasan beberapa waktu yang lalu di perusahaan pelat merah kerap terjadi kasus korupsi. Hal itu marak terjadi lantaran banyak para direksi yang memainkan peran ganda antara ekonomi dan pelayanan publik.

Menurut dia, garis batas antara mencari nilai ekonomi dan pelayanan publik tidak ada batas yang jelas sehingga kerap kali terjadi kongkalikong saat proses kerjanya.

 Baca juga: Ganti Logo KBUMN Warisan Rini Soemarno, Erick Thohir Ungkap Maknanya

"Kita coba push yang dulunya, kembali tidak ada maksud mendiskreditkan menteri sebelumnya. Akhirnya para direksi sendiri mencampuradukkan penugasan dan juga bisnis yang benar karena itu banyak sekali kasus-kasus korupsi," kata Erick dalam diskusi virtual, Kamis (2/7/2020).

Saat ini, lanjut dia, pihaknya memetakan mana BUMN yang murni untuk mencari profit, pelayanan publik dan keduanya. Salah satu contohnya seperti halnya Telkom dan Bank Mandiri yang benar-benar di bisnis. Tapi, ada juga yang fokus pelayanan publik seperti Pupuk Indonesia.

 Baca juga: DPR Panggil Bos-Bos BUMN Karya Bahas Utang Pemerintah

“Supaya para direksi KPI (key performance indicator) jelas dan tidak ada iri-irian satu sama lainnya," kata dia.

Dia menambahkan, sebagai Menteri BUMN akan membangun eksositem yang sehat untuk bisa membangun ekonomi Indonesia. "Kita harus bangun ekosistem yang sehat jika ingin BUMN berhasil dongkrak ekonomi, mari kita sinergikan," katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini