Mulai Usaha Tapi Tak Ada Modal, Bagaimana Caranya?

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 320 2241156 mulai-usaha-tapi-tak-ada-modal-bagaimana-caranya-Y3jRtocizN.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Banyak pertimbangan dalam membuka usaha, salah satunya modal. Kadang, modal juga menjadi penghambat keinginan untuk membuka usaha.

Dalam memulai usaha tidak boleh minder meskipun memiliki modal sedikit. Hal itu disampaikan pelaku usaha masker sekaligus Mahasiswi Psikologi Nadhifa Maulidiya.

"Awal mula saya berwirausaha masker ini modalnya tidak terlalu banyak. Di mana modal usaha masker ini dari hasil tabungan uang jajanya," ujar dia dalam acara BNBP Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga: Jangan Cuma Bengong jika Dagangan Kamu Belum Laku, Lakukan Hal Ini 

Di sisi lain, Investor Muda Jason Gozali menyebut awalnya investor modal ini tanpa modal, sebab perusahaan khusus jasa edukasi pasar modal. Di mana jasa yang dijual isi otaknya semua untuk menyampaikan informasi.

"Kebetulan bisnis saya jasa, maka tidak modal akhirnya perlahan-lahan kita lakukan konsisten dan orang membeli produk edukasi dan lama-lama kita punya modal dari laba yang dikumpulkan," ungkap dia.

Baca Juga: Sepi Job, Seniman Campursari Cari Cuan di Bisnis Bonsai Kelapa 

Kemudian, lanjut dia apabila pelaku usaha itu modal, maka harus bisa menyusun bisnis plan yang bagus dari Universitas dan disubmit bisnis plan. Siapa tahu ada investor yang menarik.

"Kalau tak dapat kita bisa mencari pinjaman ke keluarga atau calon mertua, jika bank kan susah untuk pinjaman. Tapi pasti ada cara untuk berbisnis," tandas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini