Jangan Cuma Bengong jika Dagangan Kamu Belum Laku, Lakukan Hal Ini

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 320 2240772 jangan-cuma-bengong-jika-dagangan-kamu-belum-laku-lakukan-hal-ini-Z2LpR0GUzT.jpg Tips Memulai Usaha (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pelaku usaha harus pintar-pintar dalam menjalankan kembali bisnisnya di era new normal. Sebab, pola konsumsi masyarakat berubah dampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Seperti halnya pemilik usaha kebab ini, Jalu Pralambang Indiana menyampaikan bahwa dalam berbisnis harus tangguh karena pasti akan menghadapi banyak terpaan.

“Mindset kita juga harus tepat, misal dalam membuka usaha kemudian produknya kurang laku, maka kita harus instropeksi apa yang membuat produk kita kurang diminati pasar. Membuka bisnis juga dapat dimulai dari rumah karena tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak,” jelasnya seperti dilansir dari keterangan UNS, Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: Sepi Job, Seniman Campursari Cari Cuan di Bisnis Bonsai Kelapa 

Sementara itu, Fiska Amanda, pemilik usaha makanan bronis ini menyampaikan bahwa sejak pandemi usahanya sempat redup. Namun, hal tersebut berlangsung tidak lama karena Ia terus melakukan inovasi agar produknya dapat laku di pasaran meskipun semua serba dilakukan secara daring.

“Strategi yang harus dilakukan saat pandemi ini dengan membuat inovasi yang memiliki masa penyimpanan lebih lama. Saya juga melakukan riset dengan produk-produk yang bisa dipasarkan secara online sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” jelasnya.

Baca Juga: Lagi Tren, Pria Ini Sulap Limbah Kayu Jadi Sepeda 

Saat ini, dia memanfaatkan pemasaran secara daring karena traffic penjualan daring di tengah pandemi lebih menjanjikan, terlebih pergerakan masyarakat tidak sebebas dulu. Dia juga memberikan tips bahwa dalam memulai usaha tidak boleh minder meskipun tidak memiliki modal.

“Orang-orang ragu melakukan sesuatu karena modal, padahal kita memiliki potensi. Bagian dari tubuh kita adalah modal, jadi apapun kondisinya seharusnya tetap bisa berjalan, tergantung dari diri sendiri saja. Dalam memulai usaha, yang disiapkan adalah mampu membaca pasar serta berpikir kreatif,” paparnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini