Bisnis Sampingan Punya Risiko, Begini Cara Atasinya

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 320 2241306 bisnis-sampingan-punya-risiko-begini-cara-atasinya-3ZxgNM5iRo.jpeg (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Setiap bisnis pasti mempunyai risiko tersendiri. Tak terkecuali bisnis sampingan. Di mana risiko dipastikan akan kamu temui, tapi tergantung bagaimana kamu menyikapi risiko-risiko itu.

Risiko yang dimaksud seperti, waktu, keluarga hingga lingkungan sosial seperti yang dibahas dalam buku yang ditulis oleh Astri Novia dan Natar Adri dalam buku yang berjudul Bisnis Sampingan Modal <5 juta. Saat kamu memulai bisnis sampingan, kamu harus mau meluangkan waktu yang kamu punya.

Jika biasanya waktu kamu pergunakan untuk santai, bersenang-senang rehat dari aktivitas, justru waktu yang kamu miliki harus kamu pergunakan untuk mempersiapkan bisnis kamu, dari pengolahan hingga pengemasan dan siap untuk dipasarkan. Tapi, kamu juga harus tetap membagi waktu yang kamu miliki untuk keluarga dan orang-orang sekitar, karena bisnis sampingan yang kamu jalankan sekarang hanya untuk menunjang penghasilan utama kamu.

Dukungan dari orang terdekat seperti keluarga sangat kamu butuhkan. Mereka akan tetap setia di samping kamu kapan pun. Di saat kamu penat akan pekerjaan yang menumpuk atau saat kamu menemui kendala dalam bisnis kamu bisa bercerita kepada keluarga terdekat kamu entah itu orang tua, atau sanak saudara. Luangkan perhatian kamu ke keluarga jangan pernah kamu lupakan, prioritas utama kamu tetap pada keluarga walaupun adanya bisnis sampingan yang kamu jalankan sekarang.

(Baca Selengkapnya: Bisnis Sampingan Punya Risiko Lho, Waktu Luang Makin Sempit)

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini