Bisnis Sampingan Punya Risiko Lho, Waktu Luang Makin Sempit

Natasha Oktalia, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 320 2241118 bisnis-sampingan-punya-risiko-lho-waktu-luang-makin-sempit-rthxLJZF93.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Hal yang lumrah bahwa setiap bisnis punya risiko tersendiri. Begitu juga dengan bisnis sampingan. Beragam risiko dipastikan akan kamu temui, tapi tergantung bagaimana kamu menyikapi risiko-risiko itu.

Risiko yang dimaksud antara lain, waktu, keluarga hingga lingkungan sosial seperti yang dibahas dalam buku yang ditulis oleh Astri Novia dan Natar Adri dalam buku yang berjudul Bisnis Sampingan Modal <5 juta, Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga: Jangan Cuma Bengong jika Dagangan Kamu Belum Laku, Lakukan Hal Ini 

Saat kamu memulai bisnis sampingan, kamu harus mau meluangkan waktu yang kamu punya. Jika biasanya waktu kamu pergunakan untuk santai, bersenang-senang rehat dari aktivitas, justru waktu yang kamu miliki harus kamu pergunakan untuk mempersiapkan bisnis kamu, dari pengolahan hingga pengemasan dan siap untuk dipasarkan. Tapi, kamu juga harus tetap membagi waktu yang kamu miliki untuk keluarga dan orang-orang sekitar, karena bisnis sampingan yang kamu jalankan sekarang hanya untuk menunjang penghasilan utama kamu.

Dukungan dari orang terdekat seperti keluarga sangat kamu butuhkan. Mereka akan tetap setia di samping kamu kapan pun. Di saat kamu penat akan pekerjaan yang menumpuk atau saat kamu menemui kendala dalam bisnis kamu bisa bercerita kepada keluarga terdekat kamu entah itu orang tua, atau sanak saudara. Luangkan perhatian kamu ke keluarga jangan pernah kamu lupakan, prioritas utama kamu tetap pada keluarga walaupun adanya bisnis sampingan yang kamu jalankan sekarang.

Baca Juga: Sepi Job, Seniman Campursari Cari Cuan di Bisnis Bonsai Kelapa 

Risiko terakhir yang mungkin akan kamu temukan adalah kamu akan kehilangan waktu untuk bersosialisasi dengan kegiatan sehari-hari kamu seperti sebelum-sebelumnya. Jika kamu sudah menentukan keputusan untuk membuka usaha sampingan, kamu harus siap menerima segala risiko yang ada. Segala hal yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah hal yang serius dan harus diperhatikan dengan baik, jangan lupa pertimbangkan terlebih dahulu tentang apa yang akan kamu ambil.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini