Gaji Tentara Baru di AS Bisa Capai Rp25 Juta/Bulan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 320 2242171 gaji-tentara-baru-di-as-bisa-capai-rp25-juta-bulan-7TK1CgkwEX.jpg Gaji Tentara Baru AS Capai Rp25 Juta. (Foto: Okezone.com/BBC)

JAKARTA - Angkatan bersenjata di Amerika Serikat (AS) memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Dilihat dari besaran gaji yang diterima untuk tentara baru baik itu Angkatan Udara, Angkatan Darat, Angkatan Laut hingga Korps Marinir.

Military Basic Pay Chart mencatat para tentara AS menerima gaji pokok dengan tambahan tunjangan untuk tempat tinggal dan makan. Selain itu ada tambahan kompensasi untuk tugas-tugas yang berbahaya.

Baca Juga: 4 Keuntungan Jomblo Dalam Meniti Karier, Lebih Fokus dan Hemat

Melansir Federal Pay, Senin (6/7/2020), dipaparkan daftar gaji bulanan anggota militer untuk semua cabang angkatan bersenjata AS. Departemen Pertahanan pun menaikkan gaji setiap tahunnya dengan memperhitungkan biaya hidup.

Untuk tentara baru gaji yang diterima sebesar USD1.733 atau setara Rp25,08 juta (kurs Rp14.474 per USD). Kemudian bila tentara tersebut naik jabatan gajinya meningkat USD1.943 atau menjadi Rp28,1 juta.

Dalam daftar tersebut, jumlah pendapatan tentara setiap tahun pun meningkat. Bahkan bila jabatan semakin tinggi, maka pendapatan yang diterima bisa ratusan juta.

Dari tingkat pembayaran gaji, pengalam selama bertahun-tahun di militer untuk pangkat tertinggi dengan masa bakti 40 tahun bisa mencapai USD8.498 atau sebesar Rp123,2 juta.

Baca Juga: Ketika Harus Pamit Mundur dari Kantor, Jangan Lupakan 9 Hal Ini

Ini baru berdasarkan rata-rata gaji pada seluruh angkatan bersenjata AS. Bila dirincikan lagi, antara Angkatan memiliki tingkat gaji yang berbeda. Misalnya Angkatan Laut AS dibayar dengan tingkat gaji pokok bulanan dan peringkat kenaikan pangkat. Ditambah lagi berbagai tunjangan dan bonus yang tidak disebutkan.

Tugas yang diemban oleh Angkatan Laut yakni bertanggung jawab atas operasi militer berbasis laut, perairan atau perairan dangkat.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini