Sri Mulyani Stop Penerimaan CPNS Kemenkeu dan STAN, Tjahjo Kumolo: Yang Paling Tahu

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 320 2243037 sri-mulyani-stop-penerimaan-cpns-kemenkeu-dan-stan-tjahjo-kumolo-yang-paling-tahu-45UPDZfZtV.png Sri Mulyani (Foto: Instagram)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah mengambil keputusan untuk menghentikan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum maupun sekolah kedinasan STAN.

Terkait hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa instansi memiliki hak untuk melakukan hal tersebut.

“Tidak ada tanggapan (terkait kebijakan menkeu). Kementerian/lembaga yang paling tahu kebutuhan pegawainya,” katanya melalui pesan singkatnya, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani Tak Terima CPNS Baru dan STAN hingga 2024 

Dia mengatakan, sebagaimana penerimaan seleksi CPNS sebelumnya bahwa semua didasarkan pada usulan instansi. Seperti diketahui dalam mengusulkan kebutuhan pegawai ke KemenPANRB, setiap instansi diharuskan melakukan analisis jabatan dan beban kerja.

“Tes CPNS 2019 juga sesuai kebutuhan (instansi) saja. Sesuai kompetensi yang dibutuhkan saja,” ungkapnya.

Tjahjo mengatakan pegawai kementerian/lembaga tidak perlu terlalu banyak. Hal ini sebagaimana pengalaman bekerja di masa covid-19. Dimana banyak instansi yang memberlakukan bekerja dari rumah maupun bekerja dari kantor secara bersamaan.

“Pelayanan masyarakat juga tidak menjadi kendala,” tuturnya.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2020 Ditiadakan, SKB CPNS 2019 Digelar September 

Dia mengatakan pihaknya masih terus menginventarisasi kebutuhan PNS 2021. Menurutnya jika masih memadai maka tidak perlu penambahan pegawai baru.

“Kalau masih memadai kinerja tidak perlu penambahan PNS baru. Dengan sistem IT kan tidak diperlukan pegawai yang banyak,” pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini