Manfaat Menabung sejak Dini, Anak Bisa Menghargai Uang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 320 2243243 manfaat-menabung-sejak-dini-anak-bisa-menghargai-uang-qz6v5KRwfo.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTAUang tabungan adalah simpanan yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika dihadapkan keadaan genting atau muncul kebutuhan yang tak disangka-sangka. Misalnya , untuk biaya rumah sakit, biaya pendidikan anak, atau biaya mendesak lainnya.

Sebagai orangtua, sudah sepatutnya mengajarkan anak dari usia sedini mungkin untuk sudah mengerti betapa manfaatnya menabung. Sehingga, mereka sudah mengerti bahwa mempersiapkan uang untuk masa depan merupakan sesuatu yang penting. Dengan mendidik dan mengenalkan anak cara mengelola keuangan yang baik, maka si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih menghargai uang.

Baca Selengkapnya: Gaji ke-13 Jangan Dihabiskan, Sisihkan untuk Biaya Pendidikan Anak

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengatakan semenjak anak mulai paham kegunaan uang, maka sudah harus diberikan pengertian untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

“Karena jumlahnya terbatas maka mereka juga tidak bisa semena-mena membelanjakannya. dan bila ternyata sudah habis ya berarti jajannya berhenti,” ujarnya kepada Okezone, Rabu (8/7/2020).

Menurut dia, memang bukan urusan yang mudah bagi orangtua untuk menguatkan hati agar tidak menuruti kemauan anak-anaknya.

Baca Selengkapnya: Gaji ke-13 PNS Cair, Kesempatan Lunasi Utang Konsumtif

Memang tidak mudah, karena orangtua akan sangat perlu menguatkan hati untuk tidak menuruti semua keinginan anaknya. Namun, hal tersebut perlu dipaksakan agar anaknya sudah bisa mengatur uang sejak kecil.

Dia menyarankan skema sederhana mengajarkan anak untuk menabung bentuknya melalui tabungan. Misalnya tiap hari anak diberi uang jajan, maka sebelum dibelanjakan disisihkan sejumlah nominal untuk dimasukkan ke dalam celengan tersebut.

“Dalam perjalanan waktu bila dirasa sudah banyak isinya, lalu dibongkar sama-sama dengan orangtua, diperlihatkan hasil dari menabungnya ternyata ia punya sekian banyak uang. Dan sebagai hadiah dari kesabarannya menabung, maka uang tabungannya boleh dibelikan barang yang ia inginkan,” kata dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini