Share

Pajak Digital Ditarik, Tarif Produk Online Tak Bakal Naik

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 20 2245674 pajak-digital-ditarik-tarif-produk-online-tak-bakal-naik-umHyMhqFvU.jpg Pajak (Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan resmi menarik setoran pajak pertambahan nilai (PPN) dari barang dan jasa digital yang dijual di Indonesia. Hal tersebut menyusul enam perusahaan internasional berbasis digital ditunjuk sebagai pemungut, pelapor, dan penyetor

Adapun, aturan ini mulai berlaku dijalankan pada 1 Agustus 2020, dengan begitu para masyarakat yang membeli atau berlangganan terhadap barang dan jasa perusahaan tersebut akan dikenakan PPN.

 Baca juga: Aturan Sudah Berlaku, Begini Greget-Nya Pemerintah Pungut Pajak Netflix Cs

Ketua Bidang Ekonomi Digital Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) Bima Laga mengatakan kebijakan tersebut tidak berpengaruh pada harga jual produk-produk e-commerce nasional.

"DJP sudah mengeluarkan siapa saja yang memungut dan so far domisilinya di luar negeri. Mekanisme harga yang dibebankan kepada konsumen menjadi privilege konsumen yang membelinya, dan kalau di dalam negeri bukan dalam konteks itu," ujar Bima dalam diskusi virtual di Jakarta, Senin (13/7/2020).

 Baca juga: Sudah Wajar Indonesia Tagih Pajak Digital, Ada yang Protes?

Dia pun menekankan aturan ini membuat kesetaraan akan pajak atau level playing field antara perusahaan luar dan dalam negeri.

"Sayangnya kita belum dapat jawaban yang menggembirkan, banyak yang belum menerima komunikasi ini makanya kita terus berkomunikasi dengan para e-commerce," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini