5 Cara Ngobrolin Uang Bersama Pasangan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245665 5-cara-ngobrolin-uang-bersama-pasangan-XutPmJ6X2r.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Masalah keuangan tidak hanya dimiliki oleh pengusaha, pasangan rumah tangga pun pasti memiliki masalah tersebut. Namun jangan bingung, karena masalah keuangan rumah tangga seharusnya bisa dipecahkan bersama.

Caranya, mulailah berdiskusi dengan pasangan mengenai masalah keuangan dalam rumah tangga. Jika masih ragu, Perencana Keuangan Prita Ghozie memberikan beberapa tips memulai obrolan keuangan dengan pasangan.

Melansir akun Instagram Prita Ghozie, Senin (13/7/2020), berikut adalah tips mengelola keuangan bersama pasangan:

Baca Juga: Bingung Jualan Apa? Cobain Nih 10 Bisnis Bermodal Kecil

1. Komunikasi antar pasangan harus terjalin dengan baik.

Hal ini diperlukan agar tidak terjadi hal yang kurang mengenakan satu dengan yang lain. Pahami dan ketahuilah bahwa cara pandang bisa berbeda. Yang perlu diingat adalah mengenai pentingnya tujuan keuangan bersama yang tetap sama.

2. Tentukan siapa manajer keuangan dalam rumah tangga.

Siapa pun manajer keuangan dalam rumah tangga tentunya harus mau untuk berinvestasi ilmu lebih banyak. Dapat mencari opsi yang sesuai sama dengan pakar, pemilihan strategi bahkan bertanggung jawab dengan membuat Net Worth Statement dan Cashflow Statement.

3. Tentukan tujuan keuangan bersama

Membahas obrolan bersama pasangan mengenai pengelolaan keuangan seperti apa prioritas tujuan keuangan keluarga, alokasi pengeluaran keuangan hingga bagaimana strategi yang cocok untuk meraih tujuan keuangan itu tidak ada salahnya. Berdasarkan apa yang Prita tulis lima dana penting menurut dirinya adalah dana darurat, dana beli rumah tinggal, dana pendidikan anak, dana liburan dan dana pensiun.

Baca Juga: Memulai Bisnis Pakai Duit Pesangon yang Minim Risiko, Untungnya Gede

4. Berapa kontribusi penghasilan yang ingin dimasukkan ke dalam penghasilan keluarga?

Semakin banyak kontribusi bersama yang dilakukan, pasti akan semakin mudah dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga. Dalam hal ini sangat penting untuk menentukan pilihan yang ditentukan oleh masing-masing pasangan.

5. Tentukan budget dan cara alokasinya.

Hal ini dibuat agar mencapai tujuan keuangan keluarga bersama. Bisa diaplikasikan dengan berbagai metode yang ada, saat ini menurut Prita metode yang paling digemari dirinya adalah menggunakan metode tujuh Pos Alokasi Keuangan ala ZAPFIN.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini