Menelusuri Sejarah Supermarket Pertama di Dunia

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 320 2246582 menelusuri-sejarah-supermarket-pertama-di-dunia-oA1PmUkU2V.jpg Supermarket (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Supermarket menjadi bisnis yang menjamur pada era modernisasi. Pasalnya, bisnis ini cukup menguntungkan karena banyak diminati oleh masyarakat.

Tapi tahukah kamu siapa yang pertama kali mendirikan supermarket di dunia? Mengutip dari Koran Sindo, Rabu (15/7/2020), Okezone coba mengupas sejarah tentang supermarket.

Baca Juga: Mengintip 10 Supermarket Kelas Kakap Dunia, Ada yang Berdiri Sejak 1929

Semua berawal pada tahun 1930 atau tepatnya 4 Agustus 1930, Michael J Cullen mendirikan supermarket pertama. Cullen mendirikan supermarket ini di Jamaica Queens, New York, Amerika Serikat. Cullen mendirikan toko ini dengan nama King Kullen.

Saat mulai beroperasi, Cullen juga menambahkan slogan pada supermarketnya. Adapun slogan yang dipasang adalah Timbun Sebanyak Mungkin, Jual Dengan Murah.

Baca Juga: Apa Sih Bedanya Supermarket, Minimarket hingga Mal? Ini Jawabannya

Lalu pada saat kematian CUllen pada 1936, sudah ada 17 toko King Cullen yang beroperasi. Sebenarnya sebelum Cullen sudah ada orang yang mencetuskan sistem self services pada sebuah toko.

Adapun orang tersebut yakni Clarence Saudders dengan toko yang menjual beragam kebutuhan serta pemasaran nasional. Tapi Michael J Cullen-lah yang berhasil menciptakan supermarket sempurna dengan menambahkan ide baru seperti segmen makanan, diskon untuk produk makanan dan tempat parkir.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini