Bikin Rumah Makin Cantik dengan Kaktus, Begini Cara Merawatnya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 470 2247995 bikin-rumah-makin-cantik-dengan-kaktus-begini-cara-merawatnya-P3YkHsRnma.jpg Kaktus (Reuters)

JAKARTA - Tanaman hias mulai digandrungi untuk mempercantik rumah agar terlihat lebih hijau. Salah satu tanaman yang gampang dikelola adalah kaktus.

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman berduri satu ini? Kaktus, tanaman ini biasanya tumbuh di daerah yang kering dan kaya sinar matahari.

 Baca juga: Hiasi Taman Rumah dengan Cabai, Begini Cara Menanamnya

Saat ini popularitas dari tanaman berduri ini sedang hype dan digandrungi banyak kalangan. Karena adanya tanaman ini bisa menambah nilai estetik suatu ruangan.

Kali ini Kementerian Pertanian melalui akun Instagramnya di @kementerianpertanian , Jakarta, Jumat (17/7/2020), membagikan lima cara merawat kaktus di rumah. Berikut cara mudahnya:

 Baca juga: 8 Cara Ciptakan Rumah yang Nyaman, Jangan Lupakan Tanaman

1. Pastikan tanaman kaktus mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini bisa diletakan di dekat jendela setidaknya minimal empat jam setiap harinya.

2. Siram kaktus dalam kurun waktu dua hingga tiga minggu sekali. Alangkah baiknya menggunakan air hangat dan dilakukan di pagi hari.

3. Tetap perhatikan suhu ruangan, agar tanaman dapat berkembang dengan baik jika diletakkan di tempat yang sejuk, teduh dan pastikan tidak lembap ya!

4. Perhatikan media tanam, media tanam dapat digunakan dengan komposisi tanah, pasir kasar, dan serbuk arang. Struktur dari serbuk arang yang berongga dan terbuka bisa membuat kaktus bisa tumbuh dengan sehat. Boleh juga ditambahkan dengan tepung tulang dan serbuk kapur agar memperkuat fisik kaktus dan mengurangi kadar asam dalam media tanam.

5. Rajin untuk memberikan pupuk. Penggunaan kaktus bisa dikatakan hemat karena penggunaan pupuk untuk tanaman ini hanya sekali dalam setahun, seperti pupuk kompos.

"Semoga, tips ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang senang merawat tanaman berduri nan cantik ini ya.." tutup Kementerian Pertanian dalam unggahannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini