8 Cara Ciptakan Rumah yang Nyaman, Jangan Lupakan Tanaman

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 470 2246201 8-cara-ciptakan-rumah-yang-nyaman-jangan-lupakan-tanaman-6G6i2J2091.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Punya rumah yang nyaman enggak harus dengan dekorasi yang mewah. Menciptakan rumah atau ruangan yang nyaman bisa dilakukan dengan hal-hal simpel. Misalnya mengatur pencahayaan di rumah.

Rasa nyaman di dalam rumah ini penting, apalagi saat pandemi covid-19 aktivitas yang dilakukan lebih banyak di dalam rumah. Ruangan dan kamar di rumah harus membuat nyaman agar betah di rumah.

Lalu bagaimana sih caranya menata rumah agar lebih nyaman? Melansir Instagram @nikenuniverse , ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut penjelasannya:

Baca Juga: 5 Penyebab Kerusakan Rumah, Salah Material hingga Faktor Alam

1. Pilih gaya dekor yang membuat nyaman

Menurut Niken, gaya minimalis, rame,modern atau tradisional adalah kunci dari rasa nyaman terhadap rumah tersebut. Jangan lupa, nyaman itu juga harus nyaman di kantong supaya hati tetap tenang.

2. Pilih pencahayaan yang hangat

Pemilihan cahaya candle light menjadi salah satu refrensi. Karena memberikan suhu warna yang sangat hangat sekitar 1850k. Itu pula sebabnya rumah dipilih dengan pencahayaan hangat atau warm white dengan suhu warna 2700k.

3. Tambahkan karpet

Adanya karpet justru memberikan kesan hangat dan informal karena "mengundang" pemilik untuk bersantai atau rehat sejenak. Selain itu, fungsi karpet sendiri adalah mempercantik ruangan, pemilihan karpet bisa berdasarkan corak, berbulu atau lainnya.

4. Bantal

Tambahan bantal untuk sofa bisa dilakukan guna menambah kenyamanan dari ruang tersebut. Cukup meletakkan beberapa bantal di atas sofa, karpet atau single chair.

Baca Juga: Konsep Minimalis untuk Kitchen Set, Taruh Lampu Tersembunyi

5. Pajang barang kenangan

Memajang barang yang mempunyai arti dan kenang-kenangan bisa dilakukan. Mulai dari hadiah masa kecil atau yang lain-lainnya. Menurut salah satu riset, hal ini menunjukkan bahwa nostalgia dapat mengatasi kesepian, bosan dan gelisah.

6. Tanaman

Elemen penting lainnya adalah penambahan tanaman hijau. Pasalnya, tanaman bisa dipergunakan sebagai pembersih udara, dan tentunya akan memberikan efek rumah dengan udara segar.

7. Putar musik

Kalau semua dirasa sudah, namun hal ini juga mungkin perlu yaitu alunan musik. Salah satu Dewa Yunani Kuno, Apollo mengatakan bahwa musik akan memberi jiwa pada semesta, sayap untuk imajinasi serta pesona dan keriangan bagi hidup dan semua.

8. Declutter

Rumah sudah seharusnya ditata dengan rapi agar kesan nyaman semakin terbentuk. Dr. Robert London seorang Psikiater mengatakan bahwa kekacauan dapat menyebabkan kegelisahan, rasa malu dan stres. Oleh karena itu, mengatasinya dengan cara menyingkirkan barang yang membuat merasa lebih baik.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini