PNS Terdampak Perampingan Bakal Dapat Uang Tunggu, Ada Syaratnya

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 320 2249130 pns-terdampak-perampingan-bakal-dapat-uang-tunggu-ada-syaratnya-d592AZez68.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Di dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) diatur bahwa bagi PNS yang terdampak perampingan lembaga dan tidak tersalurkan ke instansi akan diberikan uang tunggu. Hal ini berlaku bagi PNS yang belum berusia 50 tahun dan masa kerja kurang dari 10 tahun.

“Kalau dia tidak dapat disalurkan usia belum mencapai 50 tahun, masa kerja juga belum 10 tahun, dia diberikan uang tunggu toh. Paling lama lima tahun,” kata Kepala Biro Humas (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono saat dihubungi, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Kapan Gaji ke-13 PNS Cair? Sri Mulyani: Itu Nanti

Paryono mengatakan jika dalam waktu lima tahun tidak ada juga instansi yang menampung maka akan dua kebijakan yang berlaku. Pertama jika setelah lima tahun masa tunggu usia PNS tersebut belum mencapai usia 50 tahun tetapi memiliki masa kerja 10 tahun maka pensiun akan diberikan pada saat mencapai usia 50 tahun.

“Kedua setelah berakhirnya pemberian uang tunggu, masa kerja yang bersangkutan kurang dari 10 tahun akan diberhentikan dengan hormat dan diberikan hak kepegawaian sesuai dengan ketentuan perundangan,” jelas Paryono.

Baca Juga: 5 Fakta Kapan Gaji ke-13 PNS Cair, Sri Mulyani Sebut Itu Nanti

Dia mengatakan selama masa tunggu PNS tersebut hanya akan ada di rumah. Hal ini mengingat belum ada instansi yang menampung setelah perampingan lembaganya.

“Karena gini, kan sudah tidak ada. Kemudian dia tidak dapat disalurkan ke instansi lain. Otomatis dia juga tidak punya instanasi. Selama menjalani masa uang tunggu dia otomatis di rumah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Paryono menegaskan bahwa selama masa tunggu PNS tersebut masih berstatus pegawai pemerintah.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini