2 Sumber Udara Dalam Rumah, Cek Bedanya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 470 2250008 2-sumber-udara-dalam-rumah-cek-bedanya-HrFGyvgI6n.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Kehadiran angin atau udara dalam ruangan adalah salah satu elemen penting di rumah. Hadirnya udara dalam rumah bisa berasal dari alam seperti angin atau dari udara buatan seperti AC.

Sumber udara ini sangat penting bagi manusia, bagaimana tidak? Udara merupakan hal terpenting yang harus hukumnya. Sebab, udara merupakan sumber kehidupan bagi manusia.

Dalam buku Agar Rumah Tidak Gelap dan Tidak Pengap karya Gatut Susanta dan Hafidh Aditama, dijelaskan mengenai dua macam udara dalam rumah.

Baca juga: 8 Cara Agar Betah di Rumah Selama Pandemi, Budget Bersahabat

Pertama, udara yang berasal dari udara alami. Sumber udara alami ini tentunya bisa berasal dari Angin. Angin bergerak sesuai dengan tekanan suhu suatu tempat. Dengan adanya pergerakan angin ini, tentunya dapat menggantikan udara kotor dalam rumah dengan udara baru dari luar yang lebih bersih.

"Bukaan jendela, bagian dari desain rumah tinggal untuk mengalirkan udara alami ke dalam rumah." jelas buku tersebut.

Baca juga: Pencahayaan Ruangan Berpengaruh ke Rasa Nyaman Lho, Ini Penjelasannya

Sumber udara yang lainnya adalah, sumber udara buatan. Udara dalam rumah juga bisa dihasilkan dari udara buatan, seperti adanya Air Conditioner (AC) atau kipas angin. Perbedaan udara yang dihsilkan keduanya jelas berbeda. Kipas cenderung hanya akan menghasilkan udara biasa, namun AC akan menghasilkan udara disertai dengan pendinginan yang akan diberikan ke dalam ruangan, sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk.

Nah, kalau kalian lebih pilih sumber udara alami atau buatan?

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini