8 Cara Agar Betah di Rumah Selama Pandemi, Budget Bersahabat

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 470 2246403 8-cara-agar-betah-di-rumah-selama-pandemi-budget-bersahabat-qvRTSzeTfw.jpg Dekorasi Ruangan (Thespruce)

JAKARTA -Selama wabah virus Corona atau Covid-19, kegiatan lebih sering berada di rumah. Terlalu lama di rumah pun membuat kita akan merasa bosan dengan suasana yang itu-itu saja.

Maka dari itu, perlu ada perubahan dengan suasana rumah kita. Salah satunya mempercantik dekorasi hunian kita.

Tapi, keterbatasan budget membuat kita berfikir lagi untuk mendekorasi rumah. Apalagi, di tengah krisis kesehatan yang berdampak ke perekonomian.

Baca juga: Pencahayaan Alami Rumah Menghadap Timur Paling Baik

Tapi tidak usah ambil pusing, mempercantik rumah ternyata tak perlu biaya mahal hingga membeli barang-barang baru. Pasalnya, barang lama pun masih bisa dipakai dan dipoles sehingga menjadi seperti baru.

Pergantian warna pun membuat tampilan rumah menjadi lebih fresh. Contohnya, perabotan-perabotan diberikan plituran agar terlihat lebih cerah.

Dekorasi Tanaman

Sama halnya dengan yang dilakukan oleh pemilik akun instagram @nikenuniverse, Jakarta, Rabu(15/7/2020). Niken menggunakan sejumlah barang lamanya untuk dipergunakan kembali. Berikut delapan trik dekor dengan budget terbatas ala Niken:

 Baca juga: 8 Cara Ciptakan Rumah yang Nyaman, Jangan Lupakan Tanaman

1. Ganti warna perabot

Meja dan kursi yang pertama kali dibeli oleh Niken berwarna plituran coklat tua. Untuk perombakannya, warna yang dipilih adalah warna putih. Warna ini dipilih agar menciptakan tamoilan yang lebih terang dan fresh.

2. Ganti cover sofa

 

Sama halnya dengan trik pertama, cover pada sfoa juga bisa diganti atau ditutup dengan kain atau throw. Jangan lupa dengan sarung bantalnya ya

3. Alih fungsi

Mengganti fungsi dari perabot juga menjadi alternatif baru. Seperti yang dilakukan Niken, dirinya mengganti alih fungsi rak yang dulunya sebagai rak sepatu namun dialih fungsikan untuk tempat snack/obat/sepatu. Jangan lupa untuk mengurangi jumlah barang agar tidak terlalu penuh, pesan Niken.

 Baca juga; 5 Penyebab Kerusakan Rumah, Salah Material hingga Faktor Alam

4.Relokasi perabot

Memindahkan perabot juga menjadi solusi, agar menciptakan kesan baru pada ruangan. Perpindahan ini alangkah baiknya disesuaikan dengan menyesuaikan kebutuhan.

5. Gunakan bahan bekas

Seperti yang dijelaskan diawal, tidak semuanya membutuhkan barang baru. Adakalanya menggunakan barang lama. Dengan bahan atau baju lama yang masih layak pakai bisa dimanfaatkan untuk dijadikan taplak atau sarung bantal.

6. Kreatif dengan storage

Untuk storage atau tempat penyimpanan, tentunya dapat menggunakan kontainer. Menggunakan kontainer berbahan plastik atau kotak, wadah bahkan kaleng bekas yang sebelumnya dapat disemprot cat atau dililit tali.

7. Pakai barang seken

Manfaatkan barang seken atau antik seperti kursi hajatan atau mungkin juga barang warisan dari orangtua untuk melengkapi rumah kita. "sebisa mungkin pilih barang seken yang kondisinya bagus & masih akan bertahan lama." tutur Niken.

8. Tambahkan tanaman

Menambahkan tanaman sebagai hiasan juga boleh, karena banyak sejumlah tanaman cantik dengan harga murah meriah. Sebelum memutuskan tanaman pastikan tanaman yang dipilih merupakan tanaman dengan perawatan yang mudah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini