Belajar dari Kasus Jouska, Kepoin Dulu Penasihat Investasi!

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 320 2252001 belajar-dari-kasus-jouska-kepoin-dulu-penasihat-investasi-lLvTdfM1zk.jpg Investasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menemukan fakta mengenai legalitas dan model bisnis Jouska, yaitu PT Jouska Finansial Indonesia mendapatkan izin di Online Single Submission (OSS) untuk kegiatan jasa pendidikan lainnya.

Dalam operasinya PT Jouska melakukan kegiatan seperti Penasehat Investasi sebagaimana dimaksud dalam UU Pasar Modal, yaitu pihak yang memberi nasihat kepada pihak lain mengenai penjualan atau pembelian efek dengan memperoleh imbalan jasa.

"Bahwa PT Jouska melakukan kerjasama dengan PT Mahesa Strategis Indonesia dan PT Amarta Investa Indonesia dalam pengelolaan dana nasabah seperti kegiatan Manajer Investasi," ujar Tongam.

Dari temuan tersebut, Satgas Waspada Investasi mengeluarkan keputusan menghentikan kegiatan PT Jouska Finansial Indonesia yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penasehat Investasi dan/atau Agen Perantara Perdagangan Efek tanpa izin.

Kemudian juga menghentikan kegiatan PT Mahesa Strategis Indonesia dan PT Amarta Investa Indonesia yang diduga melakukan kegiatan Penasihat Investasi, Manajer Investasi atau Perusahaan Sekuritas tanpa izin.

“Kita saat ini sedang membangun pasar modal yang kredibel dan terpercaya. Masyarakat yang ingin melakukan investasi di pasar modal agar selalu meneliti izin kegiatan perusahaan baik sebagai penasihat investasi, manajer investasi atau perusahaan sekuritas,” katanya.

Baca Selengkapnya: Fakta di Balik Kasus Jouska, Temuan Mencengangkan hingga CEO Tertunduk Minta Maaf

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini