Pedagang Hewan Kurban Gigit Jari, Gagal Untung Besar Imbas Covid-19

Uun Yuniar, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 320 2252770 pedagang-hewan-kurban-gigit-jari-gagal-untung-besar-imbas-covid-19-AyXfMpcJxn.jpg Hewan Kurban (Foto: Okezone)

PONTIANAK - Akibat pengaruh covid-19, daya beli hewan kurban kambing mengalami penurunan. Baik pembeli dari dalam Kota Pontianak, maupun luar Kota Pontianak.

Namun pedagang meyakini pelanggan-pelanggan di sekitar Kota Pontianak tetap berkurban dan membeli kambing kurban. Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2020, pedagang hewan kurban mulai menjajakan dagangannya.

Baca Juga: Cara Menabung yang Tepat agar Bisa Berkurban

Seperti Fahri yang memasarkan kambing dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya di persimpangan Jalan Uray Bawadi Pontianak, Kalimantan Barat.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, para penjual kambing yang kerap menjajakan hewan kurban di pinggir jalan di Kota Pontianak memang cenderung sepi.

Baca Juga: Mau Berkurban tapi Gaji Pas-pasan? Bisa Pakai Cara Ini

Dampak covid-19 ini, Fahri mengakui adanya penurunan pembeli hewan kurban dari luar Kota Pontianak yang biasanya ramai. Jika tahun sebelumnya Fahri bisa menjual hingga enam puluh ekor kambing berbagai ukuran, saat ini Fahri hanya menyiapkan setidaknya empat puluh ekor kambingNamun tetap menyiapkan jika nada kemungkinan peningkatan pembelian.

Fahri yakin langganannya tetap akan membeli hewan kurban. Sebagian besar kambing-kambing yang dijual ini merupakan ternakan sendiri namun ada pula beberapa yang diambil dari peternak lain.

Bahkan Fahri meyakini kemungkinan peningkatan penjualan karena banyak masyarakat semakin niat berkurban di tengah pandemi covid-19.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini