Presiden Jokowi Kecewa Daya Saing Digital Indonesia Rendah Sekali

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 320 2256021 presiden-jokowi-kecewa-daya-saing-digital-indonesia-rendah-sekali-ThR4fXi0OG.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Daya saing digital Indonesia masih jauh dari harapan. Berdasarkan survei lembaga IMD World Digital Competitiveness pada 2019, Indonesia masih ada di peringkat 8 terbawah.

“Survei lembaga IMD World Digital Competitiveness pada 2019, negara kita masih di peringkat 56 dari 63 negara ini,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka rapat terbatas (ratas) di Istana Merdeka, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Transformasi Digital Bukan Hanya Pakai Teknologi Baru 

Jokowi mengakui bahwa posisi Indonesia memang di bawah bahkan jika dibandingkan negara tetangga di Asean. Dia meminta ini harus menjadi perhatian.

“Memang kita di bawah sekali. Lebih rendah dibandingkan dengan beberapa negara tetangga kita di Asean. Misalnya Thailand di posisi 40, Malaysia di posisi 26, Singapura di posisi nomor 2. Oleh sebab itu perlu menjadi perhatian kita bersama,” ungkapnya.

Baca Juga: Gurih, UMKM Bisa Nikmati Kue Ekonomi Digital USD82 Miliar 

Jokowi mengatakan bahwa pandemi covid bisa dijadikan momentum melakukan percepatan transformasi digital. Pasalnya adanya pandemi mengubah berbagai gaya hidup masyarakat dari sebelumnya lebih banyak bertatap muka menjadi digital.

“Karena di masa pandemi maupun next pandemi mengubah secara struktural, cara kerja, cara beraktivitas, cara berkonsumsi, cara belajar, cara bertransaksi yang sebelumnya offline dengan kontak fisik menjadi lebih banyak ke online dan digital. Perubahan seperti ini perlu segera diantisipasi, disiapkan, dan direncanakan secara matang,” katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini