5 Jembatan Keren di Indonesia, Ada Musi hingga Youtefa

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 470 2259691 5-jembatan-keren-di-indonesia-ada-musi-hingga-youtefa-4NLBdKAqTy.jpg Jembatan Teluk Kendari. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Infrastruktur menjadi prioritas pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu proyek yang terus dibangun dan dikerjakan untuk meningkatkan ekonomi adalah jembatan.

Bukan hanya berhasil dibangun, proyek jembatan yang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat justru menjadi ikon untuk kota tersebut. Jembatan keren tersebut pun menjadi penghubung di sejumlah provinsi Indonesia.

"Tahukah sahabat bahwa keberadaan jembatan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat, salah satunya meningkatkan konektivitas antar daerah," tulis Instagram @kemenpupr, Senin (10/8/2020).

Baca Juga: Kerennya Jembatan Peninggalan Belanda di Wonogiri

Jembatan-jembatan tersebut berhasil dibangun dengan beragam tipe dan panjang jembatan. Berikut beberapa jembatan keren di Indonesia yang dibangun oleh Kementerian PUPR:

Pertama, Jembatan Musi 4

Jembatan Musi 4 ini terletak di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Dengan total panjang jembatan 1.130 meter. Jembatan tersebut dibangun dengan tipe Extradozed. Yang menghubungkan kawasan seberang Ulu dan Ilir kota Palembang. Keindahan jembatan tersebut juga dapat dinikmati pada malam hari, karena cahaya warna-warni dari lampu akan menghiasi sepanjang jembatan tersebut.

Jembatan

Kedua, Jembatan Kalikuto

Terletak di Ruas Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah. Jembatan Kalikuto memiliki panjang sekitar 164 meter. Dengan tipe jembatan yakni Pelengkung Baja.

Baca Juga: Sudah Tua, 38 Jembatan di Jawa Bakal Diganti

Jembatan

Ketiga, Jembatan Tumbang Samba

Jembatan yang menghubungkan Desa Telok dan Desa Samba ini memiliki panjang sekitar 843,2 meter. Jembatan tersebut berada di Kecamatan Katingan Tengah, Kalimatan Tengah. Tipe dari jembatan tersebut adalah Pelengkung Baja.

Keempat, Jembatan Teluk Kendari

Jembatan baru tersebut dibangun di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dengan panjang jembatan mencapai 1.340 meter. Jembatan tersebut dibangun dengan jenis Cable Stayed. Menghubungkan antara Kota Lama ke Poasia.

Jembatan

Kelima, Jembatan Youtefa (Holtekamp)

Jembatan yang terakhir ini berada di Kota Jayapura, Papua. Dengan panjang jembatan 732 meter dan dengan tipe pembangunan Pelengkung Baja. Jembatan Youtefa menghubungkan kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami.

Jembatan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini