Harga Minyak Turun 2%, Brent Dijual USD44,6/Barel

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 320 2260791 harga-minyak-turun-2-brent-dijual-usd44-6-barel-ocNBioVm6a.jpg Harga Minyak Anjlok. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Harga minyak mentah berubah negatif pada perdagangan Selasa. Ketidakpastian soal stimulus tambahan di AS, menjadi penyebab turunnya minyak.

Harga minyak sebenarnya telah mendapat sentimen positif dari meningkatkan konsumsi minyak dan permintaan Asia karena ekonomi dibuka kembali.

Baca Juga: Harga Minyak Naik 2% Usai Membaiknya Aktivitas Industri di China

Minyak mentah West Texas Intermediate turun 33 sen atau 0,79% ke level USD41,61 per barel. Patokan minyak mentah internasional, Brent turun 37 sen atau 0,82% ke level USD44,64 per barel.

Presiden AS Donald Trump menyampaikan bahwa anggota kongres dari Partai Demokrat ingin bertemu untuk membahas bantuan ekonomi terkait virus corona setelah pembicaraan ini gagal direalisasikan pada minggu lalu.

"Kesepakatan tentang paket dukungan bukanlah kesimpulan yang sudah pasti, tetapi jika kesepakatan yang dapat diterima bersama tercapai, saham dan minyak akan mendapatkan dorongan jangka pendek," kata Pialang Minyak PVM Tamas Varga, dilansir dari CNBC, Rabu (12/8/2020).

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Turun Jadi USD41,22/Barel

Tanda-tanda pulihnya permintaan minyak Asia juga mendorong harga. CEO Saudi Aramco Amin Nasser memperkirakan permintaan minyak akan pulih di Asia karena ekonomi terbuka.

Di sisi lain, deflasi pabrik China berkurang pada bulan Juli, di mana hal tersebut mendorong kenaikan harga minyak global. Harga juga mendapat dukungan dari rally di saham Eropa, yang naik untuk tiga sesi berturut-turut pada Selasa karena produsen mobil menguat ditopang data penjualan China yang menguat. (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini