Ditagih Kembalikan Beasiswa LPDP Rp773 Juta, Ini Pesan Veronica Koman ke Sri Mulyani

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 320 2261258 ditagih-kembalikan-beasiswa-lpdp-rp773-juta-ini-pesan-veronica-koman-ke-sri-mulyani-6ErXkQfqd0.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Aktivis hak asasi manusia (HAM) Veronica Koman diminta mengembalikan dana beasiswa sebesar Rp773.876.918. Uang beasiswa tersebut dia terima melalui program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Veronica Koman diminta mengembalikan uang tersebut karena dianggap tidak mematuhi ketentuan harus kembali ke Indonesia setelah usai masa studi. Permintaan pengembalian dilakukan oleh LPDP di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu).

Baca Juga: Dikasih Data Pelanggaran HAM Papua oleh BEM UI, Mahfud: Enggak Dijelaskan Kasusnya

“Kenyataannya, saya kembali ke Indonesia pada September 2018 setelah menyelesaikan program Master of Laws di Australian National University,” kata dia dalam status Facebooknya, Rabu (12/8/2020).

Dalam pernyataan terbuka tersebut, Veronica Koman meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani bersikap adil dan berdiri netral dalam melihat persoalan ini. Dia berharap Kemenkeu tidak menjadi bagian dari lembaga negara yang hendak menghukumnya karena kapasitas dia sebagai pengacara publik yang memberikan pembelaan HAM Papua.

Baca Juga: Tampilkan Dokumen soal Papua dari Veronica Koman, Mahfud MD: Tidak Ada Apa-apanya

“Kemenkeu telah mengabaikan fakta bahwa saya telah langsung kembali ke Indonesia usai masa studi, dan mengabaikan pula fakta bahwa saya telah menunjukkan keinginan kembali ke Indonesia apabila tidak sedang mengalami ancaman yang membahayakan keselamatan saya,” ungkapnya. (kmj)

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini