Share

Budidaya Cabai Bisa Untung hingga Puluhan Juta

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 320 2263828 budidaya-cabai-bisa-untung-hingga-puluhan-juta-2WZoJOHyly.jpg Cabai di Pasar (Foto: Okezone)

JAKARTA - Cabai merupakan salah satu komoditas sayur yang paling banyak dibutuhkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak resep makanan khas Indonesia yang menggunakan cabai.

Potensi bisnis cabai ini cukup menguntungkan, tak heran jika banyak petani yang membudidayakan sayuran ini. Tidak hanya minat masyarakat lokal, namun dalam kalangan internasional pun sayuran ini berhasil diminati.

Harga cabai biasanya naik menjelang hari raya atau hari besar. Biasanya, harga ini bisa naik beberapa kali lipat.

Baca Juga: 6 Bentuk Promosi Usaha Rumahan, Nyebar Brosur hingga Ikuti Pameran

Melansir buku Top 50 Bisnis Super Laris Paling Dicari, karya Tim Aksara Plus, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Benih sayuran ini akan tumbuh setelah 4 sampai 7 hari tanam.

Untuk lahan seluas 1 ha, diperlukan 500 gram biji cabai. Nah untuk penjualannya sendiri pemilik usaha dapat menentukan harga jual cabai yang kompetitif dengan keunggulan produk yang mempunyai kualitas baik.

Walaupun hambatan dapat muncul seperti adanya serangan hama dan penyakit di musim hujan yang berpotensi lebih tinggi dibandingkan dengan di luar musim hujan. Biasanya, produksi cabai di musim hujan juga cenderung lebih sedikit.

 

Untuk modal jika diasumsikan dengan bibit yang mencapai 20.000 batang dan total biaya keseluruhan diperlukan biaya operasional sekitar Rp60 juta. Dan, laba yang dihasilkan per tahunnya bisa mencapai belasan juta rupiah.

Jika diasumsikan penanaman dengan lahan pribadi dan penjualan cabai dibanderol Rp10.000/ kg dengan penjualan sebanyak 8.000 kg, penjualan tersebut akan menghasilkan Rp80 juta rupiah.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini