6 Bentuk Promosi Usaha Rumahan, Nyebar Brosur hingga Ikuti Pameran

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 320 2263755 6-bentuk-promosi-usaha-rumahan-nyebar-brosur-hingga-ikuti-pameran-sEYWT9DJSh.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Usaha rumahan bukan berarti tidak mengenal promosi. Promosi dapat sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Manfaat promosi adalah memperkenalkan produk yang dijual.

Dalam situasi persaingan yang ketat, promosi dapat dijadikan sarana untuk mengenalkan produk. Berikut ini beberapa promosi sederhana dan efektif yang dapat dilakukan pengusaha rumahan dengan model kecil, seperti dilansir dari buku "38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta" oleh Yuyun A, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga: Usaha Tanpa Modal di Tengah Covid-19

1. Sampling Terbatas

Yaitu memberi uji coba makanan atau minuman yang dijual kepada agen atau penjual agar mereka mengenal produk yang dijual. Dengan cara ini penjual yang telah mencicipi dan mencoba akan menceritakan keunggulan produk yang ditawarkan kepada orang lain.

Hal yang harus diperhatikan adalah mencari situasi yang tepat untuk memperkenalkan kepada konsumen.

2. Membuat Spanduk

Pembuatan spanduk berfungsi untuk mempermudah konsumen membaca dan mengenal serta memudahkan pencarian alamat usaha.

Baca Juga: Jalankan Bisnis Sandal Kekinian, Jangan Segan Cari Tren Terbaru

3. Menyebar Brosur atau Kartu Nama

Bisa membuat brosur sederhana yang berisi keunggulan produk, harga jual, kemasan, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi. Penyebaran brosur yang dilakukan harus tepat sasaran agar menghemat biaya.

Misalnya, memberikan brosur tentang ayam siap saji kepada ibu-ibu arisan atau ibu-ibu yang sedang menunggu anak sekolah atau dalam aktivitas santai.

4. Aktif Mengikuti Pameran

Pameran yang sering diadakan pemerintah atau lembaga swasta dapat dijadikan sarana promosi agar produk yang dijual dikenal banyak orang. Lembaga yang sering mengadakan pameran, antara lain, Departemen Perdagangan, pemerintahan kota, koperasi, atau lembaga swadaya lainnya.

5. Anggota Kelompok Usaha Kecil

Menjadi anggota kelompok pengusaha kecil yang tersebar di seluruh kota dapat dijadikan sarana untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan pengusaha lain.

6. Memasang Iklan Mini

Memasang iklan mini pada surat kabar merupakan salah satu media promosi yang sangata terjangkau bagi pengusaha kecil untuk mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini