Usaha Tanpa Modal di Tengah Covid-19

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 320 2262954 usaha-tanpa-modal-di-tengah-covid-19-mJqod6Z9Si.jpg Tips Memulai Usaha. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat segala sesuatu berubah. Bahkan dalam kondisi perusahaan yang terimbas pandemi, harus memotong setengah gaji karyawan guna mempertahankan bisnisnya.

Kondisi tersebut membuat masyrakat harus kerja lebih keras guna mencukupi kebutuhan dan menghidupi keluarga. Salah satu upaya untuk menambah penghasilan adalah memulai usaha.

Tentu yang ada dipikiran untuk memulai usaha membutuhkan modal. Apalagi kondisi sedang sulit, orang lebih memilih menjaga keuangan sebagai pegangan sampai melewati krisis akibat Covid-19.

Baca Juga: Jalankan Bisnis Sandal Kekinian, Jangan Segan Cari Tren Terbaru

Namun usaha tanpa modal besar ternyata bisa dilakukan. Hal tersebut dijalani Mahasiswi Psikologi Nadhifa Maulidiya.

Dirinya mengaku tidak minder meski modal usaha yang dijalani sedikit. Dirinya berwirausaha masker dengan modal tidak terlalu banyak.

"Modal usaha masker ini dari hasil tabungan uang jajanya," ujar dia, beberapa waktu lalu, Minggu (16/8/2020).

Baca Juga: 4 Kelemahan Jalani Bisnis Keluarga, dari Perencanaan hingga SDM-nya

Bahkan ada lagi orang yang usaha tanpa modal. Seperti yang dilakukan Investor Muda Jason Gozali. Dia menjalani usaha jasa edukasi pasar modal.

"Kebetulan bisnis saya jasa, maka tidak modal akhirnya perlahan-lahan kita lakukan konsisten dan orang membeli produk edukasi dan lama-lama kita punya modal dari laba yang dikumpulkan," ungkap dia.

Menurutnya, pasti ada cara setiap orang untuk berbisnis. Seperti usaha yang dijalani, di mana dirinya harus bisa menyusun bisnis plan yang bagus dari Universitas dan disubmit bisnis plan. (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini