Manfaat Taman Mungil di Samping Kamar Tidur, Bantu Sirkulasi Udara

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 470 2263759 manfaat-taman-mungil-di-samping-kamar-tidur-bantu-sirkulasi-udara-KNw3YGGKoL.jpeg Dekorasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Taman biasanya terletak di depan atau belakang rumah. Tapi ternyata, tata letak taman juga bisa berada di samping kamar lho.

Nah fungsi taman yang berada di sebelah kamar adalah sebagai sumber udara segar. Karena, kehadiran taman juga sebagai sarana untuk sirkulasi atau perputaran udara.

Selain itu jelas sekali kalau kehadiran taman juga untuk mempercantik lingkungan sekitar. Taman di sebelah kamar dapat diciptakan dengan lahan kecil juga kok, jadi tidak perlu lahan yang berukuran besar.

Baca juga: Ingin Punya Taman Mungil di Rumah? Begini Cara Dekorasinya

Dengan lahan yang mempunyai lebar sekitar satu meter juga sudah bisa direalisasikan. Kehadiran taman kecil tersebut dinilai sangat efektif untuk membantu penghawaan dalam kamar.

Untuk itu ruang-ruang dalam hunian yang berfungsi sebagai kamar tidur itu pula dapat memanfaatkan sisi dinding pembatas sebagai tempat bukaan, misalnya dengan jendela atau lubang angin kecil.

Permodelan taman kecil ini menyerupai gang kecil memanjang. Tentunya dapat ditata sederhana, misalnya dijadikan sebagai taman kering.

taman

Melansir dari buku Hemat Energi karya Rumah Ide (Imelda Akmal Architecture Writer Studio), Jakarta, Selasa (18/8/2020). Bisa juga taman mungil tersebut diisi dengan jejeran pohon kamboja yang dipadukan dengan batu keriki.

Sebagai pelengkap pula, dapat diberikan penutup seperti overstek yang menggantung. Dapat terbuat dari bilah-bilah kayu tipis yang disusun sejajar membentuk kisi-kisi semimasif.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini