RI Ekspor 20 Ton Bawang Goreng ke Malaysia meski Resesi

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 320 2267327 ri-ekspor-20-ton-bawang-goreng-ke-malaysia-meski-resesi-vPr1bzEBa0.jpg Ekspor Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menghadiri seremoni pelepasan ekspor 20 ton bawang merah goreng dari PT Inti Sumber Citra Rasa ke Malaysia hari ini secara virtual. Adapun, pengiriman satu kontainer bawang goreng ini dilakukan dari Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Agus menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang hari ini telah melakukan inovasi produk ekspor dari komoditi bawang merah goreng untuk memberikan nilai tambah sesuai standar halal dan kesehatan serta penyesuaian terhadap perubahan selera konsumen di pasar global.

"Melalui pelepasan ekspor ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pelaku usaha, pelaku bisnis dan pelaku UMKM juga untuk mengembangkan produk ekspor yang bernilai tambah sehingga mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja," ujar Agus di Kemendag, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: Ekspor Indonesia ke Singapura dan Malaysia Meroket meski Resesi

Agus menambahkan, pihaknya selain menjaga stabilitas harga dan kesediaan bahan pokok bagi masyarakat, juga akan terus mengupayakan berbagai kebijakan dan langkah untuk menjaga neraca perdagangan dengan mengendalikan impor serta mendorong kinerja ekspor non migas nasional.

"Termasuk meningkatkan kontribusi ekspor pelaku bisnis kecil dan menengah," kata dia.

Untuk itu, Agus menyampaikan, strategi Kemendag dalam rangka meningkatkan kinerja ekspor non migas di masa pandemi Covid-19 dengan terus berupaya membuka akses pasar potensial serta mempertahankan pasar ekspor yang telah ada.

"Kita semua dituntut lebih kritis, dinamis dan cepat dalam memanfaatkan peluang ekspor melalui terobosan inovasi, diversifikasi maupun hilirisasi produk berbasis komoditi unggulan Indonesia," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini