Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman tapi Stylish, Kap Lampu Jadi Solusi

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 470 2267361 ciptakan-ruang-keluarga-nyaman-tapi-stylish-kap-lampu-jadi-solusi-8Cdm8Xjpbb.jpg Ruang Tamu (Shutterstock)

JAKARTA - Keluarga biasanya akan berkumpul sekedar menghabiskan waktu bersama di ruang keluarga. Nah, untuk itu penataan ruang keluarga pun harus dibikin nyaman sebagaimana mestinya.

Penciptaan ruang keluarga yang sesuai dan nyaman akan membuat suasana saat berkumpul menjadi semakin menyenangkan. Menciptakan kenyaman tersebut bisa dilakukan seperti memainkan tekstur dan patra hingga menambahkan hiasan pada dinding.

Dalam buku Interior Hunian Elegan karya Astrid Kusumowidagdo, Jakarta, Selasa (25/8/2020), berikut tips agar ruang keluarga tetap "gaya" dan nyaman:

 Baca juga: 5 Cara Buat Healing Garden di Rumah, Perbanyak Tanaman

1. Ciptakan kesan hangat

 

Kesan tersebut dapat dihadirkan dengan warna-warna cerah. Seperti yang dapat dihadirkan pada cushion cover, kap lampu atau permadani.

Yang terpenting adalah, keseluruhan komposisi memberikan kesan hangat, namun tetap nyaman. Hindari sejumlah penggunaan warna yang terlalu banyak. Setidaknya gunakan empat warna favorit dalam satu ruang.

 Baca juga: Produktif Selama WFH, Yuk Bikin Ruang Kerja yang Nyaman Selama di Rumah

2. Mainkan tekstur dan patra

Permainan tekstur kasar dan halus, matte dan mengkilap dari permukaan kain interior. Atau furnitur serta dinding pelingkup interior akan memberikan kesan berbeda mengenai kedalaman ruangan secara viisual.

Sementara, patra berukuran besar dengan tema floral atau jenis patra klasik, juga bisa digunakan. Perhatikan skala ruang terlebih dahulu untuk menempatkan patra berukuran besar.

 Baca juga: Penataan Furnitur di Rumah Mungil, Simak 5 Caranya

3. Ganti kap lampu

Dengan mengganti material dan warna pada kap lampu, maka akan memberikan kesan berbeda dalam ruangan.

4. Ubah cushion cover

Perubahan warna drastis pada cushion cover atau penggantian ukurannya memberikan suasana baru dalam ruang.

5. Lapisi tempat duduk dengan slipcover

 

Untuk menciptakan kesan baru pada sofa dapat dengan mengubah slip cover. Selain hemat, bahan kain pelapis juga beragam mulai dari pilihan patra, tekstur hingga warna.

6. Berikan primadani bermotif berani

Shaggy rugs atau primadani berbulu panjang dengan warna berani bermotifkan goresan geometris sering dijumpai pada hunian masa kini. Selain memberikan aksen, hal ini juga menegaskan kesan ruang membentuk sebuah area tersendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini