Sri Mulyani Akui Dampak Covid-19 Mengerikan, Buktinya Banyak Negara Resesi

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 320 2268499 sri-mulyani-akui-dampak-covid-19-mengerikan-buktinya-banyak-negara-resesi-svjYYFBiNz.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com/Rina Anggraeni)

JAKARTA - Pemerintah mengakui dampak pandemi virus corona sangat parah terhadap perekonomian. Untuk itu, sejumlah alokasi dana hingga triliunan Rupiah disiapkan guna menangani pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mengakui bahwa pandemi memberi dampak sangat menakutkan. Sebab mempengaruhi seluruh sektor dari sosial, kesehatan, ekonomi dan terjadi di seluruh dunia.

Baca Juga: Indonesia Resesi, Ini Tanda-Tanda dari Sri Mulyani

"Dampak Covid-19 sangat parah seperti terlihat dari kontraksi-kontraksi yang cukup signifikan terhadap perekonomian banyak negara," ujar Sri Mulyani, beberapa waktu lalu, Kamis (27/8/2020).

Bahkan, lanjut Sri Mulyani, dampak virus corona sangat besar terhadap negara maju. Terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang minus hingga double digit.

"Kontraksi di banyak negara maju sebenarnya berada di level double digit pada kuartal kedua tahun 2020," paparnya.

Baca Juga: Banyak Negara Resesi, Indonesia Harus Ngapain agar Selamat?

Adapun negara-negara yang mengalami resesi di antaranya, Amerika Serikat ekonomi merosot hingga minus 32,9% pada kuartal II-2020. Artinya ekonomi terkuat di dunia mengalami resesi karena pada kuartal I-2020 minus 5%.

Resesi ekonomi AS saat ini pun menjadi yang terburuk sejak 1947. Di mana konsumsi rumah tangga turun hingga 34,6%. (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini