Puji Desain Bandara YIA, Jokowi Sebut Ini yang Terbaik di Indonesia

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 320 2268813 puji-desain-bandara-yia-jokowi-sebut-ini-yang-terbaik-di-indonesia-wC7MnRntsw.png Jokowi Resmikan Bandara YIA (Foto: BPMI/Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Jokowi mengatakan bahwa bandara ini telah selesai 100% dengan pengerjaan selama 20 bulan.

“Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim, pagi hari ini saya resmikan Bandara Yogyakarta International Airport dan pengoperasian menara airnav serta sistem peringatan dini tsunami,” katanya saat meresmikan YIA, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: Resmikan Bandara YIA, Jokowi: Dikerjakan Sangat Cepat Hanya 20 Bulan 

Jika dibandingkan dengan bandara lama Adisutjipto, Bandara YIA ini lebih besar, sehingga pesawat besar bisa langsung mendarat di YIA.

“Kalau kita bandingkan ini dengan airport lama yang Adisutjipto, panjang runway yang di sana 2.200 meter. Yang di sini 3.250 meter. Jauh lebih panjang. Di sana hanya untuk pesawat yang narrow body . Di sini bisa didarati, ini saja saya baru mendapatkan informasi, bisa didarati Airbus A380 dan Boeing777. Pesawat gede-gede bisa turun di sini karena runwaynya 3.250,” tuturnya.

Dia mengatakan luas bandara ini pun jauh lebih besar. Di mana bisa menampung penumpang hingga 20 juta. “Luas terminal yang lama 17.000 meter persegi. Di sini 219.000 meter persegi. Berapa kali ini? 13, 14 kali lipat dari yang lama. Kapasitas penumpang, yang lama itu hanya bisa menampung 1,6 juta penumpang. Di sini bisa 20 juta penumpang,” ujarnya.

Jokowi juga sempat memuji desain Bandara YIA. Menurutnya hal ini sejak awal memang diserahkan kepada Gubernur DI YogyakartaSri Sultan Hamengkubuwono IX.

“Melihat keahlian beliau bapak gubernur ini sangat kelihatan sekali dalam desain arsitektur di Bandara Internasional Yogyakarta ini,”ungkapnya.

Pembangunan bandara ini setidaknya menghabiskan anggaran Rp11,3 triliun. Di mana Rp4,2 triliun untuk pembebasan lahan dansisanya Rp7,1 triliun untuk konstruksinya.

Jokowi pun secara khusus memuji YIA sebagai bandara terbaik Indonesia saat ini. "Tadi saya lihat pengerjaannya menurut saya terbaik, saat ini di Indonesia. Enggak tahu kalau ada bandara baru lebih baik lagi enggak tahu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini