4 Ragam Jenis Balkon di Rumah

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 470 2271265 4-ragam-jenis-balkon-di-rumah-U9hnl85RDK.jpg Pemilik Rumah Harus Mengetahui Letak Balkon yang Tepat di Rumah. (Foto: Okezone.com/Homedesignlover

JAKARTA - Balkon merupakan teras yang terletak pada lantai dua rumah. Biasanya balkon dilengkapi meja serta kursi kecil untuk bersantai.

Demi menjaga kenyamanan dan keselamatan pengguna, para pemilik rumah yang akan membuatnya .

Pada umumnya, balkon pada hunian rumah dan apartemen yang dibuat menyatu dengan ruang lainnya seperti kamar tidur utama dan anak.

Baca Juga: 4 Cara Buat Ruang Kerja di Rumah, Jangan Lupa Pencahayaan

Untuk mengetahui seperti apa jenis balkon, berikut ini beberapa desain balkon yang dikutip dari Buku Desain Cantik Teras dan Balkon karya Amelia Vina, Jakarta, Rabu (2/9/2020):

1. Balkon Staggered

Balkon jenis ini merupakan balkon dengan letak yang tidak bisa dihindarkan dari terpaan angin. Sebab, balkon akan terletak di area paling depan rumah dan bersifat terbuka.

2. Balkon Berkelompok

Yakni balkon dengan dua buah bentuk atau lebih yang dimanfaatkan sebagai area perluasan dari ruang lainnya. Agar fungsi balkon dibuat lebih maksimal, sebagai pemisah digunakan penyekat berupa dinding untuk menjadi pembeda antar fungsi ruang.

Baca Juga: Punya Rumah Mungil, Pintar-Pintar Pilih Furnitur Multifungsi

3. Balkon Sudut

Balkon sudut adalah jenis balkon yang terletak pada bagian sudut rumah atau bangunan. Kelebihan jenis balkon yang satu ini adalah salah satu sudutnya dapat terlindungi dari terpaan angin dan cahaya matahari.

4. Balkon Loggia

Jenis balkon ini lebih praktis dan ekonomis dibandingkan balkon lainnya. Sebab jenis ini tidak membutuhkan konstruksi tambahan di luar perimeter bangunan.

Selain itu, balkon ini dapat menghadirkan lebih banyak dinding eksterior bangunan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini