Rawat Tanaman di Rumah, Hati-Hati dengan Penggunaan Pestisida

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 470 2271468 rawat-tanaman-di-rumah-hati-hati-dengan-penggunaan-pestisida-fISqBYc6lt.jpg Tanaman Hias (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Perawatan tanaman tidak lepas dari adanya gangguan hama dan penyakit pada tanaman. Timbulnya hama dan penyakit ini biasanya diakibatkan dari kondisi lingkungan yang tidak baik, yakni lingkungan kotor, tingkat lembab yang tinggi hingga kurangnya sinar matahari.

Biasanya jika tanaman terkena penyakit akan muncul seperti adanya bercak hitam dan putih, lubang dan bercak seperti hangus atau adanya bagian tanaman yang mati. Biasanya tanda tersebut diakibatkan oleh adanya jamur.

Baca Juga: Rawat Tanaman Semak di Rumah, Rahasianya Pakai Pupuk Akar dan Daun

Ada pula hama yang menyerang tanaman seperti munculnya hewan-hewan kecil pada tanaman, hingga rusaknya daun akibat adanya hewan kecil yang memakan daun. Pemberantasan hama dan penyakit pada tanaman dapat dilakukan dengan dua cara.

Yaitu cara mekanik dan kimia. Melansir dari buku Mendesain, Membuat, dan Merawat Taman Rumah karya Mona Sintia, SP & Ir. Murhananto, MM , Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Cara mekanik biasanya dilakukan dengan mematikan hama secara satu per satu. Atau dengan membuang bagian tanaman yang sakit agar tidak menyebar.

Baca Juga: 7 Tips Rumah Natural, Tanaman Hijau dan Batu Dominan di Setiap Ruang

Namun, secara kimia hama dan penyakit diberantas dengan penggunaan obat-obatan kimia atau pestisida seperti fungisida dan insektisida. Penggunaan obat-obatan kimia tentunya berdampak positif atau negatif.

Jika menggunakan obat kimia keuntungannya adalah akan mudah dalam pelaksanaannya dan bisa dilakukan hampir di setiap tempat dan waktu. Penggunaan pestisida dalam hal ini juga dapat digunakan untuk membasmi hama dan penyakit yang area serangannya luas.

Tapi hati-hati ya sebab pestisida dapat menyebabkan keracunan bahkan kematian bagi manusia, ternak, hingga tanaman. Bahkan, dapat menyebabkan pencemaran lingkungan sekitar.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini