Bisa Jadi Tempat Kumpul, Begini Buat Balkon Terlihat Luas

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 470 2272172 bisa-jadi-tempat-kumpul-begini-buat-balkon-terlihat-luas-44xFtfZnQk.jpg Balkon (Shutterstock)

JAKARTA - Balkon menjadi salah satu daya tarik pada hunian bertingkat. Pasalnya, balkon juga merupakan permukaan luar suatu rumah.

Selain itu, manfaat balkon lainnya yakni sebagai tempat penghuni untuk bersantai. Namun secara umum, balkon merupakan area perluasan dari ruang dalam yang difungsikan sebagai area tambahan.

 Baca juga: Apa Bedanya Teras di Depan, Belakang atau Samping Rumah?

"Selain itu, balkon di lantai atas juga berperan sebagai area pandang ke sekeliling rumah yang lebih luas." tulis buku Desain Cantik Teras dan Balkon, Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Dalam area balkon tersebut, disarankan agar peletakan furnitur dan perlengkapan lainnya agar dibuat minim jika dibandingkan dengan tata letak pada teras. Hal ini agar balkon terasa luas dan ringkas.

 Baca juga: 4 Ragam Jenis Balkon di Rumah

Selain itu, balkon dapat pula dijadikan indikator dari sebuah bangunan lantai atas yang letaknya lebih mencuat atau menonjol ketimbang dari tata letak teras. Secara tidak langsung, keberadaan balkon dapat difungsikan sebagai pereduksi dampak iklim.

Adapula fungsi balkon sebagai pelancar sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah. Apalagi, jika balkon dilengkapi dengan jendela dan pintu pada bagian depan yang dapat membuat sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa berlangsung lancar.

Perancangan balkon juga tetap mempertimbangkan segala hal, agar balkon dapat tercipta sesuai dengan keinginan. Biasanya, balkon dimanfaatkan oleh anggota keluarga untuk bersantai menghabiskan waktu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini