Apa Bedanya Teras di Depan, Belakang atau Samping Rumah?

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 470 2271417 apa-bedanya-teras-di-depan-belakang-atau-samping-rumah-q3WxhH2vzk.jpg Konsep Buat Teras di Rumah. (Foto: Okezone.com/Teakpatiochair)

JAKARTA - Pada umumnya letak ideal teras ada di lantai dasar hunian atau bangunan lainnya. Namun yang mampu membedakan antara teras satu dengan lainnya ialah tata letak atau desain serta posisi setiap teras.

Kebanyakan teras berada di bagian depan atau belakang rumah. Meskipun bisa juga diposisikan sesuai keinginan, misal di kanan ataupun sisi kiri rumah.

Fungsi teras pun bisa lebih maksimal sekaligus mampu mewakili karakter rumah. Karena itu perlu konsep dalam mendesain teras tersebut.

Baca Juga: Siapa Bilang Rumah Minimalis Tak Bisa Punya Taman?

Mengutip dari buku "Desain Cantik Teras dan Balkon" oleh Amelia Vina, Jakarta, Rabu (2/9/2020), untuk menciptakan sebuah hunian yang nyaman dan indah, perlu diciptakan suatu kesinambungan antara desain interior ruang dengan desain eksterior ruang secara keseluruhan.

Teras yang didesain di sisi kanan atau kiri rumah biasa dijumpai pada bangunan rumah yang terletak di area sudut atau hook.

Sedangkan, teras yang diposisikan di belakang rumah memiliki tingkat privasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan teras di depan maupun samping rumah.

Tingkat privasi yang tinggi tersebut terlihat dari tata letak teras yang cenderung masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, semakin luas dan lapang lahan pada area belakang rumah, semakin besar pula kualitas spesial teras belakang yang diciptakan.

Baca Juga: 4 Ragam Jenis Balkon di Rumah

Selain itu, ada faktor-faktor tertentu yang hendaknya diperhatikan terkait teras di samping dan belakang rumah, yakni tingkat kenyamanan dan keamanan bagi pengguna rumah. Sebab, hampir setiap hari, pengguna rumah beraktivitas di sana sambil mengobrol dan menikmati hidangan.

Teras di belakang rumah memiliki keunggulan yang lebih daripada teras di samping. Salah satunya adalah bisa difungsikan sebagai tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Jika teras di belakang rumah tersebut terbilang luas, dapat juga memfungsikannya sebagai area untuk mengadakan pesta atau syukuran keluarga.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini