Harga Minyak Anjlok, Balik Lagi di Bawah USD40/Barel

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 320 2274787 harga-minyak-anjlok-balik-lagi-di-bawah-usd40-barel-Rm7ifwELxg.jpg Minyak Mentah (Shutterstock)

NEW YORK - Harga minyak anjlok ke level terendahnya sejak Juni pada perdagangan Selasa (8/9/2020) waktu setempat. Hal ini karena meningkatnya kekhawatiran akan permintaan imbas Covid-19 yang terus menyebar.

Melansir CNBC, Jakarta, Rabu (9/9/2020), harga minyak mentah Brent merosot lebih dari 5,3% di USD39,78 per barel, hal ini level terendah sejak Juni. Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate turun USD3,01 atau 7,6% ke USD36,76 per barel.

 Baca juga: Harga Minyak Anjlok hingga 1%, Ini Penyebabnya

"Pergerakan harga minyak hari ini adalah tanda yang jelas bahwa pasar sekarang sangat mengkhawatirkan masa depan permintaan minyak," kata analis Paola Rodriguez-Masiu, di Rystad Energy.

“Rentetan kerugian didorong oleh prospek permintaan minyak mentah yang terhenti selama sisa tahun ini, dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan akhir musim mengemudi musim panas di AS, serta kilang Asia yang berhenti," tambahnya.

 Baca juga: Harga Minyak Dunia Anjlok Hampir 4%

Sejak WTI jatuh ke wilayah negatif pada bulan April untuk pertama kalinya dalam catatan, harga minyak telah bangkit kembali. WTI melonjak hampir 90% di bulan Mei, dan telah membukukan keuntungan bulanan sejak saat itu.

Kenaikan tersebut, tentu saja, didukung oleh rekor terendah, tetapi harga bergerak lebih tinggi karena produsen internasional mengurangi produksi dalam upaya untuk mengatasi penurunan permintaan yang disebabkan oleh pandemi. Namun dalam beberapa sesi terakhir, harga mulai cenderung lebih rendah.

WTI jatuh selama sesi Senin setelah mencatat kerugian 7,45% di minggu sebelumnya. Menghentikan kemenangan beruntun empat minggu dan membukukan penurunan mingguan terburuk sejak Juni.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini