5 Cara Bikin Ruang Kerja Nyaman saat WFH

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 470 2275628 5-cara-bikin-ruang-kerja-nyaman-saat-wfh-SUcdbBkfTr.jpg Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman saat WFH. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk kembali menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), karena jumlah kasus barus virus corona kian meningkat. Dikabarkan hanya 11 sektor usaha yang akan diizinkan tetap beraktivitas selama PSBB diterapkan.

Dengan demikian, para pekerja pun kemungkinan akan kembali melakukan aktivitas kerja dari rumah. Supaya produktif kerja di rumah, suasana nyaman pada ruang kerja menjadi salah satu hal yang penting untuk diupayakan.

Apalagi, kondisi stres dalam mengerjakan pekerjaan dapat menimbulkan kejenuhan untuk melanjutkan pekerjaan di rumah.

Di samping itu, hal yang dapat dilakukan adalah seperti membuat ruang kerja dapat tampil gaya sesuai tema untuk mencerminkan karakter dan kepribadian pemilik rumah, hal ini setidaknya dapat menunjang gairah keproduktivitasan di ruang kerja tersebut.

Untuk itu, berikut beragam gaya ruang kerja yang dapat disesuaikan seperti dilansir dari buku Ruang Kerja Praktis di Rumah oleh Astrid Kusumowidagdo, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

 1. Ruang kerja alami

Nuansa ruang kerja alami dapat diupayakan dengan memilih aneka perabot yang berkesan alami, misalnya meja kerja berikut aksesorinya. Untuk menunjang tema ruang, gunakan pula bahan-bahan bermotif alami melingkupi interior, seperti plafon, dinding, dan lantai.

Selain itu, perhatikan pula tatanan estetika pembentuk ruangan secara keseluruhan. Warna dinding, lantai, dan langit-langit berpengaruh dalam memberikan suasana ruang yang santai.

2. Ruang kerja klasik

Kesan elegan muncul dari keindahan detail ornamen dan bahan yang digunakan pada ruang kerja klasik. Selain itu, akan muncul pula kesan bahwa sesuatu yang klasik memiliki nilai seni yang tinggi dan tentunya berharga.

3. Ruang kerja minimalis modern

Pada ruang kerja bernuansa minimalis modern biasanya memiliki bentuk furnitur licin, tanpa ornamen, dan mengangkat bentuk-bentuk geometri. Kesan berat atau ringan juga tergantung dari warna dan pemilihan material yang dipergunakan, seperti kayu, fiber, atau kaca.

4. Ruang kerja retro

Gaya ruang kerja retro cocok bagi pengguna yang berjiwa muda. Ciri-ciri dan karakteristik populer yang tampak di sini antara lain seperti berbaha plastik sintetis, bewarna cerah ceria, seperti padanan merah tua, oranye, dan cokelat.

Lalu berbentuk elastis berasal dari massa utuh ataupun organis, dan memiliki permukaan betekstur halus. Selain itu, furnitur retro berbeda dengan bentuk pada umumnya yang cenderung lebih geometri dan kaku. Furnitur retro menampilkan massa-massa yang utuh ataupun bentuk yang berlekuk.

5. Ruang kerja etnik

Bagi yang menyukai gaya ke daerahan, gaya etnik dapat menjadi pilihan. Walaupun benda dan desain etnik ini dekat dengan kesan tradisional, namun teknologi pembuatan dan perkembangannya telah semakin maju.

Biasanya muncul dengan material alami seperti kayu, bambu, atau serat alami lainnya dengan ragam hias kedaerahan yang kental, sehingga menciptakan suasana hangat (homy) dan berkarakter budaya daerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini