Tak Perlu Dekor Besar-besaran, Pintar Mainkan Cat Ganti Suasana

Safira Fitri, Jurnalis · Sabtu 12 September 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 470 2276652 tak-perlu-dekor-besar-besaran-pintar-mainkan-cat-ganti-suasana-osaPlMYeJ9.jpg Cat Dinding (Shutterstock)

JAKARTA - Fungsi utama untuk sebuah warna pada ruang adalah mengubah suasana. Seperti halnya, bangunan lama yang tampak suram dapat tampil dengan wajah baru melalui sentuhan warna-warna baru.

Dengan ini, dapat disimpulkan tak perlu mahal-mahal mengganti keramik lantai atau membeli sofa baru. Sentuhan warna yang berbeda pada ruangan ternyata mampu memberi suasana baru.

 Baca juga: 5 Pilihan Bahan Lantai untuk Mempercantik Dapur

Berikut ini merupakan tips mengombinasikan warna pada interior rumah seperti dilansir dari buku A-Z Warna Interior: Rumah Tinggal oleh Wirania Swasty, Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Pertama, tentukan satu warna utama bangunan rumah. Warna ini merupakan bagian dari warna tema keseluruhan bangunan yang akan diaplikasikan pada sebagian besar tampilan bangunan dan interior.

 Baca juga: Sebelum Bangun Rumah, Pelajari Dulu soal Pondasinya

Kedua, pada satu ruangan, jangan menggunakan kombinasi warna kontras komplementasi dalam kuantitas seimbang (1:1) karena akan melelahkan mata dan keduanya akan saling berebut perhatian.

Ketiga, gunakan maksimum tiga warna saja agar tidak membuat ruang tampak kacau. Kalaupun ingin menambah warna, gunakan warna yang merupakan turunan dari salah satu warna yang telah digunakan.

 Baca juga: 4 Bahan Bikin Carport dengan Rangka yang Kuat

Keempat, gunakan warna highlight (warna-warna cerah yang kontras) yang berfungsi untuk memberi tekanan satu bidang dalam ruang.

Kelima, bingung memilih warna elemen penunjang interior pada furnitur dan aksesori? Gunakan pengulangan warna, misalnya pada ruangan berwarna biru, pakailah sofa berwarna biru lebih gelap.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini