Meski Sulit, Sri Mulyani Ingin APBN Bisa Melindungi Rakyat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 320 2278495 meski-sulit-sri-mulyani-ingin-apbn-bisa-melindungi-rakyat-GxtfRze7r3.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (P2 APBN) 2019 menjadi UU P2 APBN 2019.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulynai mengatakan bahwa tantangan ekonomi ke depan akan tidak mudah dalam mengelola APBN. Hal ini karena adanya pandemi Covid-19 akan meningkatkan ketidakpastian yang berpotensi menciptakan risiko yang semakin tinggi bagi perekonomian Indonesia. 

Baca Juga: Sah, Banggar Setujui Laporan APBN 2019

"Oleh karena itu, kredibilitas APBN menjadi modal yang sangat berguna dan efektif dalam menjaga kepentingan nasional, serta melindungi masyarakat dan perekonomian Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Sri Mulyani, di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Kata dia, pemerintah akan terus berupaya untuk menyeimbangkan tujuan jangka pendek dan menengah, melalui kebijakan yang extraordinary, responsif, adaptif, dan berorientasi pada pencapaian misi jangka panjang Indonesia Maju.

Baca Juga: Asumsi Makro 2019 Banyak Meleset, Ini Pembelaan Sri Mulyani

“Pemerintah berharap agar kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dapat semakin ditingkatkan, sehingga pengelolaan APBN di masa mendatang akan menjadi lebih baik dan menghasilkan manfaat nyata bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Menkeu.

Sebagai informasi, seluruh fraksi di DPR menyatakan persetujuannya agar RUU ini dapat ditetapkan menjadi UU. Penetapan ini menunjukkan bahwa DPR telah menyetujui pertanggungjawaban Pemerintah atas pengelolaan anggaran negara pada tahun 2019, termasuk ruang perbaikan yang akan selalu diupayakan pemerintah agar pengelolaan keuangan negara semakin berkualitas.

 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini