Pengumuman, Sewa Tanah Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diskon 85%

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 470 2280333 pengumuman-sewa-tanah-proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-diskon-85-A1QlQQWirR.jpg Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Foto: Sindonews/Michelle)

JAKARTA - Pemerintah akan memberikan keringanan sewa pada barang milik negara (BMN). Direktur Pengelolaan kekayaan Negara dan Sistem Informasi DJKN Purnama T akan memberikan diskon sebesar 85% terhadap tarif sewa tanah atau aset negara pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Keputusan ini diatur dalam Nomor (PMK) Nomor 115 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN).

"Aturan yang baru terdapat relaksasi tarif sewa yang disebut faktor penyesuaian. Faktor penyesuaian adalah besaran final biaya sewa yang harus dibayarkan mitra atau pihak ketiga yang memanfaatkannya dalam hal ini PT KCIC," ujar Purnama dalam diskusi virtual, Jumat (18/9/2020).

Baca Juga: Ayo Buruan, Sewa Barang Milik Negara Dapat Diskon 50% 

Dia menambahkan dalam aturan PMK Nomor 115 Tahun 2020 ini berdasarkan faktor penyesuaian yang ditetapkan 15% atau setara Rp436 miliar. Dengan begitu, pihak KCIC mendapat diskon sebesar 85%.

"Kita kasih diskon 85%. Dengan harapan, itu mendukung pengembangan infrastruktur kereta cepat Bandung-Jakarta," katanya.

Dia menambahkan, pemanfaatan BMN dalam rangka penyediaan infrastruktur yang tarifnya disesuaikan pun masih banyak. "Contoh lain Bandara Ahmad Yani kerja sama pemanfaatan sudah berjalan, mereka membayarkan kontribusi tetap kepada negara setiap tahun. Contoh lain lagi Bandara Sentani," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini